Pemprov Minta Kabupaten/Kota di Riau Usulkan Sapi Kurban Bantuan Presiden

Lapak-hewan-kurban-di-Jalan-Lintas-Timur.jpg
(RAHMADI DWI PUTRA/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau meminta Pemerintah kabupaten/kota mengusulkan sapi terbaik untuk dipilih menjadi sapi kurban presiden pada Idul Adha tahun ini.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (PKH) Provinsi Riau Masrul Kasmy, Jumat, 24 Mei 2024. 

Masrul Kasmy menjelaskan, Presiden RI Joko Widodo, seperti tahun-tahun sebelumnya selalu membeli sapi di Provinsi Riau untuk dijadikan kurban. Sapi tersebut kemudian dikurbankan pada Idul Adha dan dagingnya dibagi-bagikan kepada masyarakat sekitar tempat penyembelihan sapi.

"Alhamdulillah tahun ini kita kembali mendapat bantuan sapi kurban Presiden. Surat pemberitahuan dari kementerian terkait bantuan sapi itu sudah masuk dan kita sampaikan kepada daerah," ujarnya.



Lanjutnya, sapi yang akan dipilih adalah sebanyak 1 ekor dengan berat minimal 1 ton lebih.

"Kami sudah kirim surat ke beberapa daerah, seperti di Kota Pekanbaru, Kabupaten Kampar dan Pelalawan. Selanjutnya kabupaten/kota tersebut kami minta untuk menyampaikan usulan kandidat sapi kurban presiden, salah satu kriterianya yakni memiliki berat diatas 1 ton," jelasnya.

Selanjutnya setelah mendapat kandidat sapi kurban bantuan Presiden, pihaknya akan survei dengan didampingi Balai Veteriner (BVET) Bukittinggi untuk pengambilan darah sampel sapi. 

"Kalau hasil pemeriksaan sampel keluar, dan sapi itu dinyatakan sehat, maka kita akan melakukan koordinasi dengan tim seleksi sapi kurban bantu Presiden dari pusat. Kemudian mereka yang memilih dan nego langsung harga dengan peternak pemilik sapi," pungkasnya.