Banjir Merendam 5 Kabupaten di Riau

Banjir7.jpg
(Riau Online/Robby Susanto)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Lima kabupaten di Provinsi Riau terendam banjir. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau menyebut banjir telah merendam Kabupaten Bengkalis, Rokan Hulu, Kuantan Singingi, Rokan Hilir, dan Kampar.

Kepala Pelaksana BPBD Riau, M Edy Jim Gafur, mengatakan dari lima kabupaten yang terendam banjir tersebut, beberapa di antaranyanya sudah mulai surat. Ada ada di antaranya yang baru saja dilanda banjir.

"Namun, untuk di Rohul saat ini sudah mulai surut,” katanya, Selasa, 19 Desember 2023.

Selain Rohul, banjir di Kabupaten Bengkalis juga sudah surut setelah beberapa hari. Sementara, sebanyak 50 kepala keluarga harus mengungsi lantaran rumahnya terendam banjir.

"Di Bengkalis sudah kami kirimkan bantuan berupa logistik,” sebutnya


Namun, banjir baru saja melanda Kabupaten Kuansing dan Kampar. Edy mengatakan pihaknya tengah berkoordinasi denan BPBD setempat untuk mengetahui kondisi terkini. Pihaknya akan mengirim bantuan jika diperlukan.

“Untuk di Kampar dan Kuansing banjir baru saja melanda, kami masih terus koordinasi dengan BPBD setempat,” ujarnya.

Sementara itu, BPBD Riau telah mengirim surat peringatan untuk pemerintah di 12 kabupaten/kota di Riau mengingat saat ini Bumi Lancang Kuning telah memasuki musim hujan.

Surat peringatan tersebut dikirim mengacu pada prakiraan daerah rawan banjir yang disampaikan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), serta berkaitan denga wilayah potensi terjadinya longsor.

BPBD Riau pun mengimbau BPBD kabupaten/kota di Riau untuk melakukan upaya pencegahan untuk meminimalisir banjir dan longsor.

"Kami sudah minta kabupaten kota untuk meningkatkan koordinasi dengan instansi terkait, serta monitoring potensi ancaman bancana banjir dan longsor di wilayah masing-masing daerah," ujar Edy.