Pertamina Usulkan Pertalite Dihapus, DPRD Riau: Silakan, Tak Bebani Masyarakat

Pertalite2.jpg
(VIVA.CO.ID)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - PT Pertamina (Persero) mengusulkan untuk menghapus bahan bakar minyak (BBM) jenis Pertalite (RON 90). Berdasarkan wacana yang beredar, jenis BBM tersebut akan diganti dengan Pertamax Green 92. 

Menanggapi hal ini, Wakil Ketua DPRD Riau, Hardianto meminta agar pemerintah melakukan pengkajian terlebih dahulu. Terutama jika nantinya akan ada kenaikan harga. 

"Itu bagus kalau memang lebih baik kualitasnya. Tetapi harus dikaji lagi, bagaimana perbandingan harganya dengan pendapatan rata-rata masyarakat. Sehingga tidak membebani dan bisa dijangkau masyarakat," ujarnya, Senin 18 September 2023.


Menurutnya, mayoritas masyarakat tentu akan melakukan penolakan jika kenaikan BBM kembali terjadi. Meski kualitasnya lebih baik, jika harganya tidak terjangkau akan menimbulkan kontra.

"Kita sebenarnya tidak ada masalah, semakin baik oktannya, tentu semakin baik pula untuk kualitas bahan bakarnya dan berakibat baik ke kendaraan yang mengkonsumsi BBM tersebut. Tapi tidak semua masyarakat melihat kualitas. Mereka hanya mengkaji bisa digunakan dan harganya berapa," pungkasnya.