3.809 Kasus HIV AIDS Ada di Riau, Terbanyak di Pekanbaru

Ilustrasi-HIV.jpg
(Liputan6.com)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Sebanyak 3.809 kasus HIV AIDS tercatat terjadi di Provinsi Riau. Angka yang mengkhawatirkan ini menjadi tantangan serius untuk memerangi HIV AIDS di Riau.

Kendati begitu, pencegahan dan penanggulangan HIV AIDS telah dilakukan. Namun eliminasi sepenuhnya belum dapat di capai di Riau.

Jumlah kasus orang dengan HIV AIDS (ODHA) yang tinggi ini tentunya membutuhkan perhatian serius dari pihak-pihak terkait untuk mengambil langkah-langah yang lebih efektif.

Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Provinsi Riau, Zainal Arifin, mengatakan menurut data kabupatan/kota di Riau hingga Maret 2023, angka ODHA tertinggi tercatat di Kota Pekanbaru. Kota Pekanbaru memiliki tantangan yang signifikan dalam mengatasi HIV AIDS.


"Kota Pekanbaru jumlahnya 2.471 kasus," kata Zainal dalam pertemuan lintas sektor dalam upaya penanggulangan AIDS, Tuberkolosis dan Maria, Rabu, 17 Mei 2023.

Jumlah kasus AIDS tertinggi juga ditemukan di Kabupaten Indragiri Hilir (Inhi) dengan 270 kasus, disusul Kota Dumai 240 kasus. Sedangkan kasus AIDS terkecil ada di Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu).

"Hanya 22 kasus," sebut Zainal.