Daftar 10 Kepala Daerah di Riau Ditangkap KPK Sejak 2007

Bupati-Adil-jadi-tersangka.jpg
(Jamal Ramadhan/kumparan)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Penangkapan Bupati Meranti, Muhammad Adil oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menambah catatan buruk bagi kepala daerah.

Setidaknya, ada 10 kepala daerah di Riau yang ditangkap KPK sejak 2007. Para kepala daerah yang ditangkap itu terdiri atas tiga gubernur, enam bupati, dan seorang wali kota.

Adapun nama-nama kepala daerah di Riau yang ditangkap KPK sebagai berikut:

Gubernur: 

1. Saleh Djasit

2. Rusli Zainal 

3. Annas Maamun

Bupati/Wali Kota: 


4. Burhanuddin Husin 

5. Arwin AS

6. Suparman 

7. Andi Putra 

8. Amril Mukminin

9. Zul AS

10. Muhammad Adil

Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (Fitra) Riau, menyikapi Operasi Tangkap Tangan (OTT) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Kabupaten Kepulauan Meranti. 

Menurut mereka, tertangkapnya Bupati Muhammad Adil dkk. sangat terkesan menyedihkan dan pukulan kembali bagi Marwah Riau pasca penyelenggaraan HAKI 2016. 

Peneliti sekaligus Manajer Advokasi Fitra Riau, Taufik, mengatakan benah-benah yang dilakukan oleh pemerintah juga masih belum menjadikan isu korupsi sebagai landasan dalam pelaksana penyelenggaraan birokrasi. 

"Hal itu bisa dilihat dari komitmen anti korupsi hanya sebagai uraian di atas kertas, terpampang di tugu dan bahkan terpasang pada sertifikat saja dan malah itu hanya sekadar simbol menarik simpatik pemilih dan publik ketika musim kampanye tiba," kata Taufik, Sabtu, 8 April 2023.

"Seharusnya komitmen itu tertanam dari kesadaran naluriah hati kepala daerah dan pejabat, bukan justru sebaliknya di mana hati dan sikap perilakunya berbeda," imbuhnya.