Pecahkan Rekor Terlama di Luar Angkasa, Antariksawan Rusia ini Pulang ke Bumi

Pecahkan-Rekor-Terlama-di-Luar-Angkasa-Antariksawan-Rusia-ini-Pulang-ke-Bumi.jpg
(REUTERS/Maxim Shemetov)

RIAU ONLINE - Kosmonaut veteran Rusia, Oleg Kononenko berhasil memecahkan rekor sebagai antariksawan terlama yang pernah tinggal di luar angkasa.

Kononenko telah menghabiskan telah kembali ke Bumi setelah tinggal selama satu tahun di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) menggunakan wahana antariksa Soyuz MS-25 milik rusia pada Senin, 23 September 2024.

Sepanjang karirnya, antariksawan berusia 60 tahun ini telah menghabiskan waktu total 1.111 hari di orbit Bumi.

Dikutip dari KUMPARAN, Selasa, 1 Oktober 2024, Oleg Kononenko Bersama Nikolai Chub, dan astronaut NASA, Tracy Caldwell Dyson mendarat di padang rumput Kazakhstan sekitar 3,5 jam setelah lepas landas dari ISS.

Kononenko dan Chub menghabiskan 374 hari di ISS, mengalahkan astronaut NASA, Frank Rubio, yang secara tidak sengaja menyelesaikan misi tinggal selama 371 hari di ISS tahun lalu akibat wahana antariksanya rusak. 


Sementara Dyson, kembali ke Bumi setelah tinggal 184 hari di luar angkasa.

Kononenko berhasil memecahkan rekor jumlah hari kumulatif terbanyak di luar angkasa pada Februari 2024, saat ia melampaui rekor 878 hari milik rekan senegaranya, Gennady Padalka, yang memecahkan rekor pada 2015. 

Kononenko sudah terbang dalam lima misi berbeda ke ISS sejak 2008, dan ini cara veteran penerbangan antariksa mengumpulkan total hari yang mengesankan di orbit.

“Terima kasih kepada semua kru atas persahabatan kalian. Merupakan saat yang luar biasa dan menyenangkan untuk bekerja dan menghabiskan waktu bersama disini sebagai keluarga besar di Stasiun Luar Angkasa Internasional,” kata Kononenko saat meninggalkan ISS.

“Saat ini saya meninggalkan rumah kedua saya.”