Roket China Jatuh Setelah Tak Sengaja Lepas Landas Saat Uji Coba

Roket-China-Jatuh-Setelah-Tak-Sengaja-Lepas-Landas-Saat-Uji-Coba.jpg
(ANTARA FOTO/Xinhua/Wang Zenghe/aww)

RIAU ONLINE - Sebuah roket di China secara tidak sengaja diluncurkan pada Minggu, 30 Juni 2024 lalu di daerah Gongyo, Provinsi Henan, China.

Dikutip dari ANTARA, Senin, 1 Juli 2024, roket ini tak sengaja terlontarkan saat Space Pioneer, perusahaan komersial China melakukan uji coba tembak statis pada tahap pertama kendaraan peluncur Tianlong-3 di fasilitas pengujian di Gongyo.

Space Pioneer mengaku telah menahan bagian yang terlempar itu dengan aman saat hendak melakukan uji coba tembak statis, sementara mesinnya dinyalakan untuk mensimulasikan kondisi peluncuran.



Dari rekaman amatir penduduk setempat dan diunggah ke media sosial China, terlihat bagian uji sembilan mesin menyala dan lepas landas, terbang ke langit sebelum berhenti dan kembali ke Bumi.

Bagian tersebut, yang masih berisi sejumlah besar propelan oksigen cair-minyak tanah, menghantam tanah sekitar 50 detik setelah lepas landas hingga mengakibatkan ledakan besar.

Bagian pertama Tianlong-3 dirancang untuk menyala selama beberapa menit selama penerbangan orbital yang sebenarnya, tetapi kegagalan selama uji coba tersebut menimbulkan kekhawatiran terkait peluncuran mendatang.