Pemko Pekanbaru Siapkan Posko Pantauan Persiapan Pilkada 2024

Risnandar-Mahiwa-meminta-ASN-menjaga-independensi-dan-netralitas.jpg
(Laras Olivia/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2024 bakal bergulir empat bulan lagi. Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru pun melakukan persiapan guna memastikan kelancaran Pilkada.

Penjabat (Pj) Wali Kota Pekanbaru Risnandar Mahiwa, memastikan Pemko Pekanbaru mendukung penyelenggaraan Pilkada. Mereka telah menyiapkan posko pemantauan politik, desk Pilkada di beberapa tempat.

"Pemko Pekanbaru sudah menyiapkan posko pemantauan perkembangan politik, desk Pilkada di beberapa tempat untuk membantu masyarakat terkait keluhan dalam penyelenggaraan Pilkada," paparnya, Jumat 21 Juni 2024.

Dirinya sudah mengikuti rapat secara virtual bersama Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian. Mendagri berpesan kepada setiap kepala daerah agar membantu terkait penyelenggaraan Pilkada, baik itu hal teknis maupun lainnya.



"Kami sudah rapat bersama bapak Mendagri, pak menteri juga menekankan agar setiap kepala daerah pertama harus netral. Lalu kedepankan untuk menjaga stabilitas politik," kata Risnandar.

Dirinya memastikan Pemko Pekanbaru siap membantu dalam penyelenggaraan Pilkada. Mereka menyiapkan administrasi dan mekanisme, baik dari segi teknis maupun penganggaran.

Bahkan, Pemko Pekanbaru juga sudah memproses dana hibah untuk penyelenggaraan Pilkada. Tahun ini merupakan tahapan pencairan kedua anggaran Pilkada.

Sekretaris Daerah Kota Pekanbaru, Indra Pomi Nasution mengatakan, aggaran Pemilihan Wali Kota (Pilwako) Pekanbaru 2024 juga menjadi anggaran prioritas. Ia memastikan untuk anggaran prioritas tidak ada kendala.

"Kita memberikan dukungan dan penganggaran. Khusus untuk Pilkada kita juga sudah menandatangani NPHD, kita juga sedang persiapan untuk mencairkan anggarannya karena 40 persen itu sudah kita tunaikan, tinggal yang 60 persen sebentar lagi juga akan kita tunaikan," tuturnya.