Sudah Banyak Korban Nih, Waspada Penipuan Modus Giveaway Catut Nama Artis

Giveaway-atas-nama-ria-richis.jpg
(Istimewa)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Siapa yang tak ingin mendapatkan hadiah dari selebritis papan atas Indonesia? Atau siapa yang berharap bisa menerima kiriman barang spesial dari sang idola atau seleb ternama di media sosial? Sudah pasti semua kalangan sangat mendambakan itu. Bukan sekadar hadiahnya, tapi juga rasa bangga punya sesuatu yang berasal dari seseorang yang dikagumi.

Nah, sisi psikologi inilah yang menjadi celah bagi para oknum tak bertanggung jawab di dunia maya untuk menggaet korban. Kecanggihan teknologi, terutama algoritma, AI dan crawling data kebiasaan pengguna internet di Indonesia, menjadi medium untuk melakukan penipuan yang tak pandang bulu, dari si kaya, si miskin, tampan, cantik, remaja, dewasa sampai emak-emak. 

Satu di antara bentuk hoaks yang terus saja bergulir adalah informasi bohong tentang giveaway senilai puluhan juta rupiah yang mengatasnamakan artis-artis terkenal. Banyak selebriti papan atas Indonesia yang sudah menjadi korban, terutama mereka yang punya basis penggemar multi-layer alias dari anak-anak, remaja, dewasa hingga emak-emak.

Misalnya, akun palsu mengatasnamakan Eko Patrio di media sosial TikTok, yang mengiming-imingi hadiah sebesar Rp 70 juta bagi siapa saja yang menemukan unggahan foto umrohnya. Selain itu, akun palsunya yang lain juga menjanjikan Rp 45 juta bagi siapa saja yang menemukan videonya dengan gambar tumpukan uang Rp 100.000.

Bukan hanya Eko Patrio, para pelaku penipuan ini juga pernah mencatut nama sejumlah artis dan selebgram lainnya. Beberapa nama yang sudah sering berseliweran dan menjadi korban antara lain Baim Wong, Ria Ricis, hingga Raffi Ahmad.

Rupa-rupanya, modus penipuan ini berhasil mendapatkan banyak korban. Korbannya pun bukan hanya netizen yang terpedaya, melainkan juga artis yang dicatut namanya.

Baim Wong melalui unggahan media sosialnya bahkan membuat pesan kepada penipu agar berhenti mencatut namanya, karena dirinya terpaksa mengganti kerugian para korban. Ia juga memohon kepada netizen agar tidak tertipu dengan modus giveaway yang mencatut namanya. 

Modus penipuan yang mencatut nama artis ini terus memakan korban karena artis-artis tersebut terkenal sebagai sosok dermawan. Nama-nama di atas memang pernah melakukan giveaway melalui akun resminya. Namun perlu dicatat, aksi mereka dilakukan secara periodic, bukan terus-menerus sepanjang hari.

Padahal, kalau dipikir-pikir lebih mendalam, sangat tidak mungkin seorang artis membagikan uang senilai puluhan juta kepada jutaan followersnya. Misalnya, jika menghitung akun yang berstatus pengikut Eko Patrio, mencapai 2 juta dan jumlah view per-videonya mencapai ribuan hingga puluhan ribu. Setelah itu, jika dikalikan Rp 45 juta atau Rp 70 juta per viewers, maka total uang yang harus dikeluarkan bisa mencapai triliunan rupiah.

Tips Menghindari Penipuan Bermodus Giveaway Artis


Beberapa artis memang suka memberikan giveaway untuk berbagi rezeki kepada sejumlah followers atau fansnya. Namun, sifat dermawan artis ini kerap menjadi celah bagi penipu untuk menjebak korban dan mendapatkan keuntungan.

Biasanya, saat calon korban mulai terpancing hadiah give away yang menggiurkan, pelaku meminta sejumlah uang untuk keperluan administrasi dan lain sebagai hal. Korban yang sudah terpedaya, biasanya dengan suka rela memberikan uang yang dinilai jumlahnya sangat kecil dibandingkan nilai hadiah palsu yang akan segera diterimanya.

Oleh karenanya, agar tak menjadi korban penipuan saat mendapatkan informasi giveaway artis, simak sejumlah tips berikut ini:

1. Jangan Mudah Tergiur Giveaway di Media Sosial

Jangan mudah tergiur dengan nilai giveaway besar, yang beredar di media sosial. Apalagi jika giveaway tersebut bukan dari akun resmi artis yang dimaksud.

Selalu bertanya atau diskusi dengan teman-teman jika mendapatkan informasi atau kiriman via WA/ Telegram/SMS/DM ke media sosial kita. 

2. Minta Nomor Aktif si Penghubung

Ketika kita dihubungi oleh seseorang yang mengatasnamakan artis atau siapapun, hal yang harus dilakukan adalah meminta nomor yang sering digunakan oleh si penghubung.

Setelah mendapatkan nomor kontak, langkah awal jangan mengangkat telpon atau menelpon ke nomor tersebut. Pastikan terlebih dahulu untuk cek via beberapa tools seperti Get Contact. 

3. Minta Bukti dan Surat Perizinan Giveaway

Jika mendapatkan telepon dan diiming-imingi giveaway, minta si penghubung untuk mengirimkan bukti data dan data dirinya, mulai dari surat izin giveaway dari pihak kepolisian serta pemberitahuan resmi ke instansi pemerintah.

Jika data diri penghubung sudah didapat, segera lacak apakah orang tersebut pernah melakukan penipuan. Anda bisa melacak nomor telepon penghubung menggunakan aplikasi lacak identitas nomor telepon. 

4. Konsultasikan dengan Orang Terdekat

Jika sudah mendapat informasi, coba konsultasi dengan orang terdekat atau sahabat yang mengerti agar kita tidak salah arah atau salah pilih.

Langkah ini harus dilakukan beberapa kali, terutama ke orang-orang yang berada di luar circle kita, sehingga punya pembanding. Selalu waspada meski sudah tanya ke tekan, karena bisa saja mereka sedang terpapar juga. Jadi, jangan pernah ragu untuk cek dan ricek.

5. Jangan Percaya 'Kesepakatan Janggal'

Apabila sang penghubung meminta persyaratan seperti 'Tidak boleh menceritakan atau melaporkan kepada orang lain', maka dapat dipastikan ini murni 100 persen penipuan. Atau jika penghubung meminta uang tunai atau meminta bertemu di tempat yang tidak jelas. 

Pada dasarnya, program giveaway para selebritis selalu menggunakan sarana komunikasi resmi yang tertera di akun official mereka. Jika kita hanya mendapatkan screenshot saja, wajib waspada dan segera cek ke akun resmi media sosial sang selebritas.