Kehadiran Jokowi di Blok Rokan: Kehormatan bagi Riau, Kota Dumai dan Masyarakatnya

Jokowi-di-Dumai.jpg
(LARAS OLIVIA/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, DUMAI - Kedatangan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) di Kota Dumai, Provinsi Riau, pada Sabtu 1 Juni 2024, disambut antusias dari ribuan warga di kota industri tersebut. Kehadiran pemimpin negara ini dalam rangka Upacara Peringatan Hari Lahir (Harlah) Pancasila 2024 di Blok Rokan. 

Jokowi hadir sebagai inspektur upacara, tampak elegan mengenakan pakaian adat Melayu lengkap dengan tanjak berwarna hitam keemasan. Usai upacara, Jokowi juga menemui ratusan warga yang turut menyaksikan jalannya upacara Harlah Pancasila 2024.

"Senang sekali rasanya bertemu Pak Jokowi secara langsung, beliau menyapa warga dan bersahaja," ujar Wulan, warga Jaya Mukti, Dumai, dengan raut wajah riang.

Ia bersama seluruh anggota keluarga sejak pagi buta pukul 06.00 WIB sudah tiba di lokasi untuk menyaksikan kehadiran pemimpin negara. 

"Ini momen berharga, kami warga Dumai bangga kedatangan Presiden," tuturnya.

Melihat ramainya acara, masyarakat Dumai sepertinya tak mampu membendung rasa bangganya terhadap perhatian khusus dari pemerintah yang memusatkan acara tersebut di daerah berjuluk Kota Idaman tersebut.

Jokowi di Dumai1Presiden Jokowi menyapa ratusan warga Dumai usai menjadi inspektur upacara Hari Lahir Pancasila, Sabtu, 1 Juni 2024. (LARAS OLIVIA/RIAU ONLINE)


Sejak sepekan sebelum kedatangan Jokowi, pemerintah kota Dumai dan masyarakat sudah bahu membahu dalam mempersolek tata kota. Hal ini dilakukan sebagai wujud kebanggaan bagi daerah yang dipersembahkan bagi pemimpin negara. 

Wali Kota Dumai, H Paisal SKM MARS menyampaikan bahwa pemerintah kota Dumai merasa bangga dan terhormat, kota ini menjadi tempat dalam momen upacara Harlah Pancasila 2024.

"Kota Dumai sebagai daerah industri, tentunya turut bangga ditunjuk jadi tuan rumah kegiatan tersebut. Terima kasih Bapak Presiden, semoga kedatangan Bapak ini dapat membawa berkah bagi Dumai," ujar Paisal.

Lokasi berkumpulnya para petinggi negara pada momen Istimewa tersebut dipusatkan di Lapangan Garuda PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) WK Rokan, yang merupakan produsen migas nomor satu di tanah air. PHR sebagai perusahaan di bawah Sub Holding Upstream Pertamina, turut berkontribusi besar dalam ketahanan energi nasional dari lapangan migas di Blok Rokan.

Direktur Utama PHR Ruby Mulyawan menyampaikan kehadiran Presiden ke Blok Rokan telah memberikan semangat baru bagi untuk terus berinovasi dan berkontribusi lebih dalam pengelolaan sumber daya alam Indonesia. 

"Kami berkomitmen untuk mendukung visi pemerintah dalam menjaga ketahanan energi nasional dan berkontribusi pada kemajuan ekonomi masyarakat," ujar Ruby.

Sebagai penghasil migas terbesar di Indonesia dengan rerata produksi sebesar 162 ribu barel setara minyak per hari (BOEPD) di tahun 2024 ini, PHR terus berupaya meningkatkan kinerja dan efisiensi operasional. 

"Kami percaya bahwa dukungan dan kepercayaan yang diberikan oleh Bapak Presiden merupakan pendorong utama bagi kami untuk mencapai target-target strategis yang telah ditetapkan," katanya.

Sementara itu, Kepala Perwakilan SKK Migas Sumbagut Rikky Rahmat Firdaus mengatakan, Blok Rokan ditunjuk sebagai lokasi acara puncak peringatan Harlah Pancasila tahun ini dengan maksud tidak hanya meningkatkan nasionalisme dan persatuan Indonesia tapi juga untuk menunjukkan bahwa Wilayah Kerja Rokan sebagai simbol ketahanan energi negeri.

"SKK migas juga merasa terhormat bahwa salah satu KKKS terbesarnya menjadi tempat penyelenggaraan puncak Harlah Pancasila 2024. Ini merupakan suatu pengakuan negara, sekaligus menjadi momen bersejarah anak bangsa dalam upaya meningkatkan energi nasional," ucapnya.