Kemenangan PSPS Riau Usai Diasuh Ridwan Saragih

Selebrasi-psps-riau1.jpg
(DEFRI CANDRA/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Ridwan Saragih baru saja meraih kemenangan pertama untuk anak asuhnya PSPS Riau pada laga penutup putaran pertama Liga 2 Indonesia melawan Sada Sumut FC di Stadion Kaharuddin Nasution, Rumbai Pekanbaru, Minggu, 22 Oktober 2023.

Supardi CS menang dengan skor 2-1 dan berhasil naik dua tingkat dari peringkat 7 klasemen sementara Liga 2.

PSPS Riau yang sebelumnya dilatih Jan Saragih meraih kemenangan setelah diambil alih Ridwan Saragih. Sebelumnya, PSPS Riau mengalami tiga kekalahan dan hanya mampu seri dengan satu poin.

Jan Saragih resmi ditunjuk menjadi pelatih kepala PSPS Riau sejak 26 Juni 2023 lalu. Ia diperkenalkan kepada publik bersama semua staf dan pemain PSPS Riau lainnya di Mall SKA Pekanbaru, Rabu, 6 September 2023 lalu.

Pada laga pembuka Liga 2 Indonesia, PSPS Riau harus tandang ke markas Persiraja Banda Aceh, 11 September 2023. Di pemain asuhan Jan Saragih hanya mampu bermain imbang 0-0.

Melawan PSDS Deli Serdang, hasil latihan yang dilakukan Jan Saragih lagi-lagi mengecewakan. PSPS Riau Keok di tangah PSDS Deli Serdang dengan skor 3-0, 17 September 2023.

Pada pertandingan selanjutnya, bermain di markas sendiri, Jan Saragih diharapkan mampu meraih poin penuh karena didukung di ribuan suporter setianya.

Namun, kembali meraih hasil negatif dimana PSPS Riau harus mengakui keunggulan Semen Padang FC dengan skor 0-2.

Hasil kurang maksimal dari latihan yang diberikan Jan Saragih membuat kursi kepelatihan mulai goyang. Suporter mulai menolak Jan Saragih sebagai pelatih kepala Supardi CS.

Kesabaran suporter akhirnya ditentukan pada laga melawan Sriwijaya FC di Palembang, 8 Oktober 2023.


Jan Saragih kembali menelan kekalahan dengan skor 4-2 yang membuat dirinya dicopot dari kursi kepelatihan dan digantikan dengan Saragih lainnya.

Tak butuh waktu lama bagi PSPS Riau menemukan pelatih yang baru. Setelah memutus kontrak Jan Saragih, PSPS Riau kembali dilatih Ridwan Saragih. 

Penunjukkan Ridwan Saragih sebagai pelatih PSPS Riau diumumkan langsung oleh manajemen Tim Askar Bertuah.

"Kemarin kita sudah memutuskan untuk pengakhiran kerjasama dengan Head Coach Jan Saragih sebagai keputusan profesionalisme antara klub dan pegawai dalam hal ini Head Coach. Coach Jan Saragih juga memahami itu. Hari ini kami bersepakat mengumumkan untuk bekerjasama dengan coach Ridwan Saragih sebagai Head Coach PSPS Riau yang baru," ungkap manajemen PSPS Riau, dalam keterangan resminya, Rabu, 11 Oktober 2023.

Ridwan Saragih merupakan eks pelatih PSMS Medan. Ia resmi ditunjuk menukangi tim PSPS Riau menggantikan Jan Saragih, di kompetisi Pegadaian Liga 2 musim 2023-2024.

Kondisi tersebut tentunya menarik perhatian, lantaran PSPS Riau akan berhadapan dengan PSMS Medan di Pekanbaru, dalam laga lanjutan Liga 2 musim ini.

Ridwan Saragih mundur dari kursi kepelatihan tim Ayam Kinantan pada Rabu, 4 Oktober 2023 dan mulai menangani PSPS Riau, Rabu, 11 Oktober 2023.

Penunjukkan Ridwan Saragih sebagai pelatih utama tak berjalan mulus, suporter setia Tim Askar Bertuah menolak keras dan memboikot dengan tidak hadir pada laga melawan PSMS Medan.

Pada laga pertama tersebut, Ridwan Saragih harus dihadapkan dengan laga berat. Ridwan harus mampu meraih poin penuh melawan mantan anak asuhnya.

Namun, pada laga PSPS Riau vs PSMS Medan, Supardi CS hanya mampu bermain imbang dengan skor 1-1 di Stadion Kaharuddin Nasution, Rumbai, Minggu, 15 Oktober 2023 pukul 15.00 WIB.

Kepercayaan kepada Ridwan Saragih mulai goyang, tapi Ridwan Saragih meyakinkan suporter kalau dirinya akan terus berjuang untuk maksimal dan membawa kemenangan bagi PSPS Riau.

Kemenangan yang ditunggu-tunggu akhirnya terjawab juga, laga penutup putaran pertama Liga 2 Indonesia, PSPS Riau meraih kemenangan tipis dengan skor 2-1 melawan Sada Sumut FC.

Ini adalah kemenangan pertama PSPS Riau dalam 6 pertandingannya, 4 dilakoni Jan Saragih dan sisanya dilakoni Ridwan Saragih.

Atas hasil ini, PSPS Riau yang sebelumnya berada di posisi 7 (dasar) klasemen sementara naik dua tingkat di posisi ke-5 putaran pertama Liga 2 Indonesia.