Mobil Pak Iwan Keliling Pekanbaru Jual Sembako, Beras hingga Cabai Dijual Murah

Pasar-murah-di-binawidya.jpg
(LARAS OLIVIA/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Dinas Ketahanan Pangan (Disketapang) Kota Pekanbaru mengadakan Mobil Pangan Tuntaskan Inflasi dan Rawan Pangan (Pak Iwan) guna melakukan intervensi harga.

Kepala Disketapang Kota Pekanbaru Maisisco mengatakan gerakan pangan murah Mobil Pak Iwan ini menyasar lingkungan masyarakat.

"Di Mobil Pak Iwan ini, masyarakat bisa membeli bahan pangan murah. Mulai dari beras, minyak goreng, gula pasir hingga cabai merah," jelasnya, Selasa, 2 Juli 2024.

Menurutnya, dengan keberadaan Mobil Pak Iwan menjadi salah satu upaya Pemerintah Kota Pekanbaru dalam membantu masyarakat di daerah rawan pangan untuk mendapatkan akses pangan yang cepat, mudah dan murah.

"Mobil Pak Iwan ini akan berkeliling ke 15 kecamatan di Pekanbaru, terutama di daerah rawan pangan untuk memberikan bahan pangan yang terjangkau untuk masyarakat," katanya.



Sementara itu, harga sembako di Kota Pekanbaru masih mengalami fluktuasi. Disketapang Kota Pekanbaru memantau beberapa komoditi yang mengalami penurunan dan kenaikan harga.

"Untuk harga bawang merah dan cabai merah keriting saat ini sudah mulai cenderung turun," ujarnya.

Pihaknya terus memantau ketersediaan bahan pokok di pasaran. Mereka juga memantau kenaikan harga terhadap beberapa komoditi bahan pokok.

Secara umum, kata Maisisco, harga bahan pokok di Kota Pekanbaru cenderung masih stabil. Namun kenaikan harga masih terjadi pada minyak goreng curah dengan harga Rp 17.000 per liter dan beras premium Rp 17.000 per liter.

Sementara, harga gula pasir Rp 18.000 per kg dan daging sapi segar Rp 140.000 per kg. Harga ikan kembung Rp 40.000 per kg, udang basah Rp 90.000 per kg, tahu mentah Rp 6.000 per buah dan tempe Rp 6.000 per buah.