RSJ Tampan Bisa Layani Pasien Umum Tahun Ini

RSJ-Tampan-Riau1.jpg
(Media Center Riau)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Tampan direncanakan bakal melayani pasien umum, mulai tahun 2024 ini. Disamping itu, rumah sakit ini bakal tetap melayani pasien Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) dan pelayanan psikologi, baik IGD, rawat inap, maupun rawat jalan.

"Untuk saat ini, SDM medis yang dimiliki  RSJ Tampan sangat mampu untuk melayani pasien penyakit umum, bukan sekedar penyakit jiwa,” ujar Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Riau, drg Sri Sadono Mulyanto, Rabu, 11 September 2024.

“Tinggal pihak RSJ Tampan harus menyiapkan sarana dan prasarananya sesuai aturan yang ada sehingga bisa melayani pasien umum," imbuhnya.

Drg Sri Sadono menjelaskan, pada dasarnya pasien ODGJ juga memiliki keluhan umum yang harus ditangani oleh rumah sakit. 

"Pasien ODGJ juga manusia biasa seperti pasien di rumah sakit lainnya. Pasien ODGJ juga memiliki keluhan penyakit fisik penyerta, seperti hipertensi, jantung, diabetes, stroke dan lain-lain," jelasnya.



Dengan demikian, dokter pemberi pelayanan di RSJ Tampan tidak hanya diisi oleh dokter spesialis jiwa saja, tapi juga dokter spesialis lain, seperti spesialis penyakit dalam, saraf, kulit, paru, patologi klinik, dan spesialis lainnya. 

Oleh karenanya, dalam tahun ini RSJ Tampan akan dioptimalkan untuk membantu masyarakat dan meringankan beban rumah sakit umum pemerintah yang sudah ada. 

Terutama dalam penyediaan layanan tempat tidur ICU yang sangat dibutuhkan masyarakat, khususnya di Pekanbaru dan Riau pada umumnya. 

"Sekarang tinggal melihat kesiapan pihak RSJ Tampan. Yang jelas kita support penuh lah," jelasnya.

Setelah hal ini diterapkan, pasien ODGJ di RSJ Tampan akan menerima layanan yang komprehensif dan holistik, sehingga tidak perlu dirujuk lagi ke RS lain untuk mendapatkan layanan, terutama layanan umum dan ICU.