Ketua DPRD Siak: HUT ke-79 RI Momen Sakral Penyemangat Berjuang Bela Negara

ketua-dprd-siak-apel-hut-ri.jpg
(HENDRA DEDAFTA/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, SIAK - Ketua DPRD Kabupaten Siak Indra Gunawan, menyebutkan HUT ke-79 RI merupakan momen sakral baginya untuk penyemangat berjuang bela negara memajukan bangsa dan mensejahterakan rakyat.

Dengan setelan jas, hadir bersama Wakil Ketua I Fairus, dan Wakil Ketua II Androy Ade Rianda, mengikuti detik detik Proklamasi, dalam upacara peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia di halaman Kantor Bupati Siak, Sabtu, 17 Agustus 2024, pagi. 

Sama dengan tahun sebelumnya, Ketua DPRD Siak Indra Gunawan membacakan teks proklamasi dalam upacara yang dihadiri Bupati Siak Alfedri, Wabup Husni Merza, Sekda Arfan Usman, jajaran forkopimda, dan seluruh kepala OPD di lingkungan Pemkab Siak, para veteran, tokoh agama, tokoh  masyarakat dan Ketua MKA LAMR Siak Datuk Seri Wan Said, para pelajar SD, SMP dan SMA serta jajaran pegawai di lingkungan Pemkab Siak.

Pembacaan teks proklamasi oleh Ketua DPRD Indra Gunawan penuh semangat, jelas dan tegas, sehingga semua yang hadir dapat memaknai isi dari teks proklamasi yang isinya tentang kemerdekaan, dan atas nama bangsa Indonesia.

"Kami bangsa Indonesia dengan ini menyatakan Kemerdekaan Indonesia. Hal-hal yang mengenai pemindahan kekuasaan dan lain-lain, diselenggarakan dengan tjara seksama dan dalam tempo yang sesingkat-singkatnya. Djakarta, hari 17 boelan 8 tahoen 45. Atas nama bangsa Indonesia, Soekarno/Hatta,” ucap Ketua Indra Gunawan kepada RIAU ONLINE.



Lebih lanjut Indra Gunawan mengatakan bahwa, sesibuk apapun, dia akan tetap menghadiri upacara peringatan Hari Kemerdekaan. Karena baginya peringatan Hari Kemerdekaan RI begitu sakral dan menjadi penyemangat baginya untuk terus berjuang membela negara, memajukan bangsa dan 

Prosesi upacara peringatan hari kemerdekaan Republik Indonesia membuatnya bangga, atas semangat seluruh peserta upacara, tak hanya para pejabat dan tokoh, tapi juga para pelajar.

Meski ada yang pingsan, baginya itu bukan halangan, bukan sesuatu yang patut dibesar-besarkan, sebaliknya semangat yang begitu besar pengibaran bendera membuat mereka bisa jadi lupa atau tak berselera sarapan, sementara fisik harus benar-benar kuat di tengah teriknya mentari.

‘’Teruslah menjaga semangat para generasi emas bangsa, dan masa depan Siak, kami bangga kepada kalian,’’ kata Indra Gunawan.

Indra Gunawan menaruh harapan penuh kepada generasi muda untuk mencintai negeri ini, dengan bersama berjuang mengisi kemerdekaan, sebagaimana pejuang mempertahankan kemerdekaan.

Dia mengatakan semangat kemerdekaan di daerah harus tetap dipertahankan, mengingat target untuk menyongsong Indonesia emas 2045 kelak, generasi Siak diharapkan mampu menjawab persoalan dari majunya peradaban.

"Peringatan Hari Kemerdekaan ini, tak hanya sekadar upacara, dan lomba, tapi bagaimana merefleksikan diri dalam kehidupan sehari-hari apa saja yang telah dilakukan para pejuang. Ketika ini kita pertahankan, insyaAllah kita akan jauh lebih baik, sesuai dengan target 2045 menuju Indonesia emas,” pungkasnya.(Infotorial DPRD Kab Siak)