85 Peristiwa Kebakaran Terjadi di Kota Pekanbaru Sejak Januari 2024

Kebakaran-di-jenderal-sudirman1.jpg
(DEFRI CANDRA/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Pekanbaru mencatat puluhan peristiwa kebakaran sejak awal tahun 2024. Kebakaran terbanyak terjadi pada bangunan.

Peristiwa kebakaran di Pekanbaru sejak awal Januari 2024 mencapai 85 kejadian. Paling banyak terjadi pada Mei 2024 lalu yang terjadi sebanyak 13 kejadian.

Kepala DPKP Kota Pekanbaru Burhan Gurning menyampaikan, kebakaran yang tidak cuma kebakaran bangunan. Ada juga kebakaran kendaraan sebanyak tiga kali dan kebakaran lahan sebanyak dua kali.

"Kita langsung melakukan upaya pemadaman, ketika menerima laporan kebakaran tersebut," ujarnya, Kamis 22 Agustus 2024.

Dirinya memastikan tidak ada korban jiwa dalam serangkaian kebakaran yang berlangsung hingga pertengahan bulan ini.


Serangkaian kebakaran juga terjadi di Kota Pekanbaru pada akhir pekan kemarin. Sejak awal Agustus 2024 saja sudah enam kali kebakaran bangunan di Kota Pekanbaru.

Api melahap bangunan yang ada di Jalan Ronggowarsito dan Jalan Pahlawan Kerja. Kebakaran juga sempat melahap beberapa petak rumah di Jalan Teuku Cik Ditiro pada pekan lalu.

Serangkaian kejadian ini menyebabkan kerugian materil yang tidak sedikit. Ada dugaan kebakaran ini terjadi akibat arus pendek listrik. 

Burhan Gurning menyebut, kejadian tersebut membuat masyarakat harus waspadai ancaman kebakaran. Ia mengingatkan agar masyarakat memeriksa secara rutin jaringan listrik karena banyak kebakaran akibat arus pendek.

"Kejadian ini membuat masyarakat harus waspada ancaman kebakaran, sebab ada beberapa rangkaian kebakaran dalam beberapa hari ini," katanya.