Warga Mandau Bengkalis Dihebohkan Temuan Bayi Berumur 1 Hari

Penemuan-bayi-hebohkan-warga.jpg
(ANDRIAS/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, MANDAU - Warga Kelurahan Air Jamban, Kecamatan Mandau, Kabupaten Bengkalis,  dihebohkan penemuan bayi berjenis kelamin laki-laki Kamis 15 Agustus 2024 pagi di belakang rumah warga setempat.

Bayi tersebut ditemukan dalam keadaan tertelungkup dengan tali pusar masih terpasang, tanpa alas dan tidak menggunakan pakaian.

Kapolsek Mandau Kompol Hairul Hidayat dikonfirmasi, Kamis 15 Agustus 2014 pagi, membenarkan peristiwa tersebut.

"Benar, bayi berjenis kelamin laki lak diperkirakan berumur 1 hari tersebut ditemukan oleh warga di belakang rumahnya," kata Kompol Hairul Hidayat.

Kompol Hairul, menjelaskan kronologis penemuan mayat sekitar pukul 06.00 WIB berawal anak pemilik rumah hendak ke kamar kecil saat itu mendengar tangisan bayi yang berasal dari belakang rumahnya.

Mendengar tangisan bayi tersebut, saksi langsung melaporkan kepada orangtuanya, selanjutnya bersama-sama pergi melihat ke belakang rumah dan mendapati seorang bayi yang menangis dalam posisi tertelungkup.



"Setelah melihat dan bayi dalam kondisi masih hidup, warga berinisiatif mengambil selimut untuk menyelimuti untuk bayi yang tidak memakai pakaian atau tidak memakai alas apapun tersebut," terang Kapolsek Mandau.

Spontan peristiwa itu, membuat tetangga dan warga sekitar ramai mendatangi lokasi untuk melihat bayi yang ditemukan.

Saat di lokasi dilakukan pemotongan tali pusar bayi oleh seorang bidan yang merupakan warga di sekitar yang saat kejadian dijemput oleh warga sekitar untuk melakukan pertolongan pertama.

"Di lokasi juga ditemukan bercak darah pada dinding kamar mandi/WC yang berbahan seng, diperkirakan bayi dilempar ke arah dinding seng oleh seseorang yang membuang bayi laki-laki tersebut," terang Kapolsek Mandau.

Selanjutnya, sekitar pukul 08.15 WIB piket Polsek Mandau bersama warga membawa bayi laki-laki ke RSUD Mandau dengan menggunakan Mobil Patroli Polsek Mandau.

Dari hasil penanganan media, terang Kapolsek Mandau. kondisi bayi dalam keadaan menurun karena saturasi (kandungan oksigen dalam tubuh) sekitar 67% yang seharusnya minimal pada bayi di atas 95%, untuk berat badan 2.1 Kg

"Untuk keadaan kaki dan tangan dalam keadaan membiru yang disebabkan karena kekurangan oksigen tersebut. Selanjutnya bayi akan dirujuk ke dokter spesialis anak RSUD Mandau," pungkasnya.