Simulasi Program Makan Bergizi Gratis di Pekanbaru Segera Diterapkan

Makanan-Bergizi.jpg
(id.pinterest.com)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Uji coba program pemberian makan bergizi gratis bakal segera diterapkan di Kota Pekanbaru. Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru pun mulai melakukan persiapan jelang simulasi program tersebut.

Sekretaris Daerah Kota Pekanbaru, Indra Pomi Nasution mengatakan, saat ini simulasi program makan bergizi gratis masih dalam proses persiapan oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait.

Ada dua OPD yang terlibat dalam simulasi tersebut, yakni Dinas Pendidikan (Disdik) dan Dinas Ketahanan Pangan (DKP). Mereka mendata sekolah yang menjadi lokasi simulasi program makan siang bergizi gratis.

"Kita sedang menunggu laporan dari Dinas Ketahanan Pangan dan juga Dinas Pendidikan," ujar Indra Pomi.

Ia menyebut, sekolah untuk simulasi makan bergizi gratis itu belum ditentukan. Namun yang jelas, simulasi makan siang gratis akan dilaksanakan di dua sekolah yakni satu SD dan satu SMP.



"Jadi nanti kita akan pelajari, mulai dari proses persiapan, proses masak, pendistribusian, hingga proses anak-anak kita di sekolah menikmati makan bergizi gratis ini," ulasnya.

Pemko Pekanbaru nantinya juga melibatkan ahli gizi dari pusat maupun ahli gizi yang ada di puskesmas maupun rumah sakit Pekanbaru.

Simulasi program makan siang gratis ini akan dilaksanakan sesegera mungkin lantaran Pekanbaru akan dijadikan pilot project atau percontohan dari pelaksanaan program makan bergizi gratis.

"Pak wali minta segera. Jadi paling lambat dalam minggu ketiga Agustus ini sudah kita laksanakan," tandasnya.