Pj Gubernur Riau Janjikan Pembiayaan Bagi Siswa Tak Lolos SMA/SMK Negeri

Pj-Gubri-SF-Hariyanto5.jpg
(Istimewa)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Penjabat (Pj) Gubernur Riau, SF Hariyanto, berjanji Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau akan memberikan pembiayaan uang sekolah bagi siswa-siswi yang tidak lolos seleksi PPDB di SMA/SMK Negeri. 

"Kita menyadari daya tampung sekolah negeri belum mencukupi. Data menunjukkan siswa yang tamat dari SMP/Sederajat sebanyak 120 ribu siswa, sementara kapasitas SMA/SMK Negeri hanya 90 ribu siswa. Maka nanti, yang tersisa ini akan kita salurkan ke swasta dan biayanya selama sekolah itu, semuanya kita tanggung sampai tamat," ujarnya.

SF mengatakan, dengan kebijakan ini maka masyarakat tidak akan sudi terlibat dalam pungutan liar (pungli) saat mendaftarkan anak-anak masuk ke sekolah. 



SF Hariyanto juga menegaskan, pihaknya tidak akan segan-segan memberikan sanksi yang tegas kepada pelaku Pungli yang menghambat proses PPDB yang jujur, adil dan objektif.

"Karena bermain-main dengan PPDB, pungli itu adalah pelanggaran hukum. Jika ada yang melihat, segera laporkan, maka akan kita tindak tegas sesuai aturan berlaku," pungkasnya.