Pemko Pekanbaru Batal Evaluasi Pejabat, Tunggu Arahan Pj Wako

Risnandar-Mahiwa-Jumpai-Forkopimda-Siap-Lanjutkan-Program-Strategis.jpg
(Laras Olivia/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Evaluasi kepala organisasi perangkat daerah (OPD) ternyata belum jadi dilakukan Pemerintah Kota Pekanbaru. Padahal sebelumnya sudah mengusulkan rencana evaluasi ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Pemerintah kota menarik kembali usulan evaluasi terhadap pejabat yang sudah menjabat setahun kerja pada periode Penjabat (Pj) Wali Kota Pekanbaru sebelumnya. Evaluasi yang dilakukan terhadap kinerja para pejabat dalam rangka perbaikan OPD.

"Usulan kemarin  itu kita tarik lagi. Kita tunggu arahan dari pak Pj wali kota yang baru teknisnya seperti apa," ujar Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Pekanbaru Irwan Suryadi.

Saat ini mereka menanti arahan pimpinan terkait evaluasi tersebut. Ia memastikan, saat ini Pemko Pekanbaru tidak ada mengusulkan terkait mutasi dan evaluasi pejabat kepada Kemendagri.



"Kami BKPSDM pada posisi ini hanya menunggu arahan dari pimpinan. Terkait mutasi dan evaluasi sementara belum ada usulan," tuturnya.

Sebelumnya, rencana usulan evaluasi terhadap pejabat di lingkungan Pemko Pekanbaru diajukan ke Kemendagri pada awal tahun 2024 lalu. Ada 20 kepala OPD bakal dilakukan evaluasi terhadap kinerja mereka selama satu tahun menjabat.

Adapun 20 kepala OPD yang masuk radar evaluasi di awal tahun 2024 di antaranya, Kepala Dinas Sosial, Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Masyarakat (DP3APM).

Kemudian, Staf Ahli Ekonomi, BPBD, Dinas Perhubungan, Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, DPM-PTSP, Dinas Pertanian dan Perikanan, Dinas Koperasi dan UMKM, Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah, Dinas Pendidikan, Dinas Tenaga Kerja, 

Ada juga Satpol PP, Inspektur, Badan Pendapatan Daerah, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Badan Penelitian dan Pengembangan, Staf Ahli Bidang Hukum dan Politik.