Di Pekanbaru, Tangkap Oknum Pembuang Sampah Sembarangan Dapat Rp 500 Ribu

Spanduk-sayembara-pembuang-sampah.jpg
(LARAS OLIVIA/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Sampah menumpuk masih menjadi momok di Kota Pekanbaru. Tak jarang sampah menumpuk di Tempat Penampungan Sementara (TPS) sampah, bahkan di tepi jalan.

Kondisi tersebut nyatanya menjadi keresahan di masyarakat. Seperti yang terjadi di Jalan Dharma Bakti atau Sigunggung, Kecamatan Payung Sekaki. Ada sayembara yang menawarkan untuk menangkap pelaku buang sampah sembarangan.

Pantauan RIAU ONLINE, spanduk sayembara terpasang di pinggir jalan. Spanduk warna merah yang menarik perhatian bertuliskan "Sayembara. Barang siapa yang dapat menangkap pelaku buang sampah di area ini dapat hadiah Rp 500.000."

Menurut kesaksian warga di Jalan Dharma Bakti, sering oknum masyarakat membuang sampah di tepi jalan. Hal tersebut memicu sampah menumpuk, terlebih jika angkutan terlambat menjemput sampah.



"Iya, tepi jalan sering jadi sasaran tempat membuang sampah sembarangan. Meski sudah ada peringatan, biasanya hanya sebentar saja sadarnya," kata Johan, Senin 17 Juni 2024.

Menurutnya, TPS sampah tersedia di beberapa lokasi. Namun oknum masyarakat tidak jera membuang sampah di tepi jalan, meski spanduk sayembara juga terdapat di sejumlah titik lainnya di Jalan Dharma Bakti.

"Seperti sudah kebiasaan buang sampah sembarangan. Mungkin perlu adanya pengawalan lebih ketat dari aparat terkait," ujarnya.

Masyarakat bisa membuang sampah di TPS yang telah ditetapkan. Mereka juga bisa membuang sampah sesuai jadwal yakni pukul 19.00 WIB hingga pukul 05.00 WIB.