Hindari Kemasan Plastik, Panitia Kurban Disarankan Bungkus Daging Pakai Daun

Sapi-kurban.jpg
(LARAS OLIVIA/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Panitia penyelenggara kurban Idul Adha 1445 H di Kota Pekanbaru diingatkan agar tidak memakai kemasan plastik untuk membungkus daging kurban. Kemasan bisa diganti memakai wadah yang lebih aman.

"Kita imbau bisa gunakan besek bambu, daun pisang dan daun," kata Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Pekanbaru, Reza Fahlevi, Senin 17 Juni 2024.

Pihaknya sudah melakukan imbauan dan sosialisasi terkait penggunaan kemasan non plastik untuk wadah daging kurban. Sosialisasi sudah dilakukan di media sosial seperti instagram.

Reza mengatakan, panitia penyelenggara kurban di masjid bisa mengimbau masyarakat untuk membawa wadah sendiri. Masyarakat bisa membawa sendiri wadah untuk daging kurban.



Lebih jauh Reza juga mengimbau para penyelenggara kurban untuk tidak membuang sampah sembarangan. Mereka harus memiliki wadah khusus agar tidak membuang sampah setelah pelaksanaan kurban.

"Gunakan wadah khusus untuk menampung sampah usai pemotongan hewan kurban," katanya mengingatkan.

Dirinya mengaku sudah mengingatkan operator angkutan untuk mencegah penumpukan sampah. Operator harus tetap mengangkut sampah di TPS sesuai jadwal yang ditentukan.

"Kita ingatkan operator agar mengangkut sampah sesuai jadwal," tutupnya.