Presiden Jokowi ke Pekanbaru Besok, Tinjau IPAL di Tenayan Raya

Presiden-Jokowi-ke-Candi-Borobudur.jpg
(ANTARA/Heru Suyitno)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan akan datang ke Pekanbaru, Jumat, 31 Mei 2024. Orang nomor satu di Indonesia itu dalam kunjungan kerjanya bakal meninjau pusat Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) di Kecamatan Tenayan Raya.

"Presiden akan datang bersama para menteri, kami harus siap sebagai tuan rumah. Salah satunya persoalan keamanan dan kebersihan," kata Penjabat (Pj) Wali Kota Pekanbaru Risnandar Mahiwa, Kamis, 30 Mei 2024. 

Sekretaris Daerah Kota Pekanbaru, Indra Pomi Nasution mengatakan, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) sudah mengoperasikan sejumlah sambungan rumah (SR) di wilayah NC 1 dan NC 2, yakni wilayah Kecamatan Sukajadi dan Kecamatan Pekanbaru Kota.

Pengelolaan limbah di kota akan lebih bersih jika nantinya sudah tersambung. Limbah seperti air bekas cuci piring dan toilet bisa otomatis diolah. Sehingga, kemunculan bakteri berbahaya bisa dicegah.


"Kami juga masih terus menambah sambungan rumah (SR) IPAL untuk meningkatkan kualitas sanitasi dan pengolahan limbah, baik di rumah warga, hotel, sekolah, mal, dan bangunan lainnya," kata Indra Pomi.

Selain agenda di Kota Pekanbaru, Presiden Jokowi yang bergelar adat Datuk Seri Setia Amanah Negara akan melakukan sejumlah agenda selama kunjungan kerjanya. Ia akan berada di Riau selama dua hari.

Usai peninjauan dan peresmian proyek IPAL, Jokowi kemudian meresmikan jalan tol ruas Bangkinang-XIII Koto Kampar di Kabupaten Kampar. Peresmian ruas tol akan dilakukan di gerbang tol XIII Koto Kampar.

Pada Sabtu, 1 Juni 2024, Presiden Jokowi akan berada di Kota Dumai. Agendanya yakni menjadi Inspektur Upacara dalam rangka peringatan Hari Lahir Pancasila. Upacara akan digelar di Lapangan Garuda, Blok Rokan, Kota Dumai.

Selesai upacara, presiden direncanakan akan meninjau pasar tradisional dan Bulog Dumai. Sejumlah menteri dan pejabat pusat akan mendampingi Presiden Jokowi dalam kunjungannya ke Riau.