Bakal Dikunjungi Jokowi, Riau Disebut Daerah Ketahanan Energi

Presiden-Jokowi-di-KTT.jpg
(Foto: Laily Rachev/Biro Pers Sekretariat Presiden)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Presiden Joko Widodo akan mengunjungi Kota Dumai yang menjadi lokasi Pertamina Hulu Rokan (PHR), sebagai daerah penghasil migas untuk Indonesia. Kedatangan presiden dijadwalkan pada Sabtu, 1 Juni 2024, bertepatan dengan Hari Lahir Pancasila.

Presiden Joko Widodo dijadwalkan menjadi inspektur upacara Hari Lahir Pancasila tingkat Nasional di Lapangan Garuda Kompleks Pertamina Hulu Rokan (PHR), Dumai, Provinsi Riau.

Kabag Adm Protokol dan Undangan Kementerian Sekretariat Negara, Muhammad Saiful menjelaskan, Presiden yang akrab disapa Pak Jokowi tersebut memilih berkunjung ke Dumai karena merupakan daerah ketahanan energi yang besar. Presiden Jokowi pun hendak menunjukkannya kepada tamu dunia yang hadir bersama.

"Dipilihnya Kota Dumai atau Pertamina Hulu Rokan karena beliau (Presiden) sendiri yang sudah menentukan itu dan menandakan ini sebagai ketahanan energi dari Indonesia," ujarnya, Kamis, 30 Mei 2024.


Sementara itu, Pj Gubernur Provinsi Riau, SF Hariyanto mengatakan, Provinsi Riau merupakan daerah yang bukan hanya sebagai penghasil pangan, tetapi juga sebagai penghasil energi.

"Alhamdulillah Riau dipilih sebagai tempat upacara Hari Lahir Pancasila oleh Pak Presiden. Jadi Riau ini tidak hanya mempunyai ketahanan pangan, namun juga ketahanan energi," jelasnya.

Ia menjelaskan bahwa latar belakang untuk apel nantinya ada lambang garuda, kemudian tangki minyak besar sebagai tanda ketahanan energi Indonesia. SF Hariyanto juga menyampaikan bahwa saat ini Pertamina Hulu Rokan telah memproduksi cukup besar.

"Kita sudah bisa memproduksi energi terbesar di Indonesia," pungkasnya.

Pj Gubernur Riau menginformasikan bahwa kunjungan kerja Presiden ke Riau selama dua hari. Diawali dengan peresmian Jalan Tol Bangkinang - XIII Koto Kampar dan peresmian IPAL di Pekanbaru. Kemudian hari berikutnya apel Hari Lahir Pancasila serta peninjauan pasar.