CFD Dibuka Lagi, Masyarakat Pekanbaru Kembali Padati Jalan Sudirman

CFD-dibuka-lagi-di-sudirman-Pekanbaru.jpg
(LARAS OLIVIA/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Masyarakat Kota Pekanbaru akhirnya kembali bisa beraktivitas di Car Free Day (CFD) atau Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB), Minggu 26 Mei 2024.

Pantauan RIAU ONLINE,  masyarakat memadati Jalan Jenderal Sudirman yang menjadi pusat kegiatan CFD. Mereka berolahraga, jalan santai, senam, dan mengikuti sejumlah iven lainnya. 

Kegiatan CFD ini akhirnya kembali dibuka setelah lima minggu berhenti sementara pasca Idulfitri 1445 H. Pengunjung menilai, aktivitas ini sudah menjadi kegiatan rutin masyarakat Pekanbaru setiap minggu. 

"Walaupun katanya baru dibuka lagi hari ini ya, tapi kita dari minggu kemarin sudah datang ke CFD juga," ujar Santika, warga Marpoyan yang rutin datang ke CFD.  


Sebelumnya, Kepala Dinas Perhubungan Kota Pekanbaru, Yuliarso membenarkan bahwa aktivitas CFD belum dibuka. Pihaknya bakal memberi informasi kepada masyarakat ketika penerapan CFD dilanjutkan. 

Ia memastikan penerapan CFD bakal berlanjut dalam waktu dekat. "Untuk saat ini memang belum, tapi dalam waktu dekat segera kita informasikan," jelasnya, minggu lalu.

Menurutnya, Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru masih melakukan evaluasi terkait penyelenggaraan CFD. Evaluasi dilakukan untuk memperkuat koordinasi antar OPD dan pelaku UMKM yang berdagang di lokasi tersebut. 

CFD Pekanbaru biasanya digelar setiap hari Minggu pagi dari jam 07.00 WIB sampai jam 09.00 WIB. Penerapan CFD di Kota Pekanbaru berlangsung sejumlah ruas jalan, yakni Jalan Jenderal Sudirman, Jalan Gajah Mada dan, Jalan Cut Nyak Meutia, dan Jalan Cut Nyak Dien.