ASN di Kota Pekanbaru Diingatkan Jaga Netralitas Jelang Pilwako 2024

Risnandar-Mahiwa-Jumpai-Forkopimda-Siap-Lanjutkan-Program-Strategis.jpg
(Laras Olivia/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Para Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru diimbau untuk menjaga netralitas jelang pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024 mendatang.

Imbauan itu disampaikan Pj Wali Kota Pekanbaru, Risnandar Mahiwa. Dirinya menyebut segera berkoordinasi dengan unsur Forkopimda Pekanbaru. Ia bersama Sekretaris Daerah Kota Pekanbaru bakal mempersiapkan tahapan Pilwako 2024.

"ASN itu harus netral berdasarkan surat edaran bersama yang ada, kemudian dia independen. Yang dimaksud independen ini karena ASN itu punya hak pilih," kata Risnandar Mahiwa.

Menurutnya, jika ASN memiliki pilihan politiknya sendiri itu tidak masalah selama tidak membuat gaduh di ruang publik. Risnandar juga mengatakan bahwa, jelang Pilwako tentu pemerintah kota ikut menjaga stabilitas politik di Kota Pekanbaru.


"Kita berupaya untuk menjaga stabilitas politik agar tidak terganggu. ASN jika dia mempunyai pilihan-pilihan politik silakan tetapi dia tidak bisa gaduh di ruang publik," ujarnya.

Baginya persiapan Pilkada serentak bukanlah hal yang baru. Maklum Risnandar sebelumnya menjabat sebagai Direktur Organisasi Masyarakat Dirjen Politik dan Pemerintah Umum Kemendagri.

"Dari sisi pemerintah kota, kira-kira apa langkah-langkah yang kita bantu penyelenggaran Pilwako," paparnya.

Pilkada 2024 serentak bakal bergulir pada 27 November 2024 mendatang. Kota Pekanbaru merupakan satu daerah yang bakal menggelar Pilkada memilih wali kota dan wakil wali kota lima tahun mendatang.

Jadwal tahapan Pilkada sudah dikeluarkan lewat Peraturan KPU No. 2 Tahun 2024 tentang Tahapan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, Wali Kota dan Wakil Wali Kota.