Usulan Pj Gubri Ditolak, Kemendagri Tetapkan Plt Direktur Ormas Jadi Calon Pj Wako Pekanbaru

Risnandar-Mahiwa.jpg
(Istimewa)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Masa jabatan Pj Wali Kota Pekanbaru, Muflihun, akan berakhir pada 22 Mei 2024, besok. Pj Gubernur Riau, SF Hariyanto mengatakan, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) sudah mengeluarkan SK Penunjukan Calon Pj Wali Kota Pekanbaru.

Setelah SK sampai ke Pemprov Riau, Pelantikan Pj Wali Kota Pekanbaru direncanakan digelar pada Kamis, 23 Mei 2024.

"Kita sedang menjemput SK Kemendagri dari pusat, belum sampai. Pj Wali Kota Pekanbaru orang dari kementerian (Kemendagri) eselon II, tapi kita belum tahu siapa namanya," jelasnya.

Ia menjelaskan, siapapun yang menjadi Pj Wali Kota Pekanbaru, maka masyarakat harus mendukung dan bersama-sama membantu menyukseskan pembangunan daerah. 

"Siapapun yang dipilih, pasti telah menjalani proses sesuai dengan aturan dan ketentuan yang berlaku. Maka, kita harus bersama-sama mendukung untuk kemajuan daerah," jelasnya.

Sebelumnya, sejumlah usulan untuk bakal calon Pj Wali Kota Pekanbaru sudah diusulkan.  Dimana Pemprov Riau mengusulkan Eva Revita, Emri Juli Arnis dan Indra Pomi Nasution. Kemudian, dari DPRD Pekanbaru diusulkan Sekretaris DPRD Pekanbaru, Hambali.

Berdasarkan sumber Riau Online, mencuat nama calon Pj Wali Kota Pekanbaru yang akan terpilih, yakni Risnandar Mahiwa yang tahun ini sedang menjabat sebagai Direktur Organisasi Kemasyarakatan Ditjen Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri.


Akan tetapi, Kepala Biro Tapem Pemprov Riau, Jhon Pinem mengatakan pihaknya juga belum bisa memastikan informasi tersebut. 

"Kita belum tahu juga. SK nya belum sampai hari ini," jelasnya.

Risnandar Mahiwa merupakan Magister Administrasi Pemerintahan Daerah Institut Pemerintahan Dalam Negeri pada 2009. Adapun beberapa jabatan yang pernah ia emban di antaranya:

1. Plt Direktur Organisasi Kemasyarakatan (2021-2022)

2. Kepala Bagian Umum Sekretariat Direktur Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum (2018 s.d. sekarang)

3. Kepala Bagian Perencanaan Sekretariat Direktur Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum (2016-2018)

4. Kepala Sub Bagian Penyusunan Anggaran dan Program Bagian Perencanaan Sekretariat Direktorat Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum (2014-2016)

5. Kepala Sub Bagian Penyusunan Anggaran dan Program Bagian Perencanaan Sekretariat

6. Direktorat Jenderal Kesatuan Bangsa dan Politik (2012-2014)

7. Lurah Soho Kecamatan Luwuk Kabupaten Banggai Provinsi Sulawesi Tengah (2009).