RSJ Tampan Pekanbaru Layani Pengobatan TBC Gratis Bagi Pasien Umum

RSJ-Tampan-Riau1.jpg
(Media Center Riau)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Tampan, Kota Pekanbaru memberikan layanan pengobatan gratis bagi pasien penderita Tuberkulosis atau TBC. Hal ini disampaikan Dokter Spesialis Paru Rumah Sakit (RS) Jiwa Tampan Provinsi Riau, Surya Hajar Fitria Dana, Jumat, 17 Mei 2024.

Dengan layanan gratis ini, ia mengimbau agar penderita TBC, baik pengguna jaminan BPJS maupun umum, agar tidak ragu-ragu mendatangi layanan kesehatan untuk mendapatkan perawatan. 

"Untuk di RS Jiwa Tampan Provinsi Riau, pengobatan TBC diberikan secara tuntas dan gratis. Obatnya diberikan secara gratis sampai sembuh, jadi masyarakat tidak perlu ragu-ragu," ujarnya.


Ia menjelaskan, pengobatan gratis ini merupakan dukungan pada program pemerintah untuk menurunkan angka TBC, khususnya di Provinsi Riau.

Diinformasikan, bahwa menurut data Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) tahun 2023, bahwa Indonesia menduduki peringkat kedua jumlah pengidap TBC terbanyak setelah India. 

"TBC adalah penyakit berbahaya dan mematikan. Di Indonesia 11 hingga 17 orang per jam meninggal karena TBC. Makanya harus kita tuntaskan, dan mari dukung program pemerintah minimal menekan angka TBC," pungkasnya