Banyak Lampu Jalan Padam Gegara Kabel Dicuri, Masyarakat Diminta Ikut Jaga PJU

Jalan-SM-AMin-gelap-gulita1.jpg
(LARAS OLIVIA/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Lampu penerangan jalan umum (PJU) di Kota Pekanbaru yang padam menjadi keluhan masyarakat. Kondisi tersebut terlihat di Jalan Jenderal Sudirman, Jalan Yos Sudarso serta ruas jalan lainnya. 

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Pekanbaru, Yuliarso tak menampik banyak PJU yang padam. Kondisi tersebut ternyata akibat adanya aksi pencurian kabel oleh oknum tidak bertanggung jawab. 

Mereka nekat mencuri kabel maupun komponen PJU yang ada. Aksi tersebut juga lantas membuat Penjabat (Pj) Wali Kota Pekanbaru, Muflihun geram.

"Kami sudah memeriksa PJU yang padam, ternyata banyak kabel yang diputus oleh oknum tidak bertanggung jawab," ujarnya, Rabu 15 Mei 2024.

Yuliarso menyampaikan, pihaknya terus melakukan pemantauan terhadap ruas jalan yang lampu PJU padam. Dirinya memerintahkan tim untuk segera memperbaiki PJU yang mengalami kerusakan. 


Menurutnya, oknum yang diduga mencuri kabel maupun komponen PJU juga harus ditindak. Dishub Pekanbaru pun melaporkan aksi pencurian itu kepada pihak kepolisian.

Kabel yang diputus tidak hanya kabel bawah tanah tapi juga kabel atas. Aksi pencurian juga terjadi di ruas jalan lainnya, seperti di Jalan Riau tepatnya panel Mawar sampai Mal Ciputra dan kabel PJU di Jalan Riau ujung juga dicuri.

Kondisi serupa juga terjadi pada PJU di Jalan M.Yamin, Jalan Soetomo dan Jalan Melur. Aksi pencurian juga terjadi di PJU Jalan Soekarno-Hatta, Jembatan Siak I dan Jalan Parit Indah.

"Melihat kondisi ini, kita terus pengawasan secara rutin dan berkala, kita imbau masyarakat ikut menjaga PJU dari aksi pencurian," katanya.

Lanjutnya, masyarakat bisa melaporkan aksi pencurian PJU ke Dinas Perhubungan Kota Pekanbaru. Masyarakat bisa mencurigai orang yang mengaku petugas tapi tidak memiliki atribut dari Dinas Perhubungan atau PLN.

"Bisa laporkan ke kami, agar bisa kita tindak lanjuti. Jangan sampai ada lagi oknum tidak bertanggung jawab mencuri kabel PJU," katanya mengingatkan.