Ada Kelebihan Anggaran dari Pusat, Pemko Pekanbaru Alihkan untuk Penanganan Banjir

Banjir-Pekanbaru18.jpg
(Riau Online/Laras Olivia)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Anggaran Pendapatan, dan Belanja Daerah (APBD) Kota Pekanbaru 2024 mengalami pergeseran. Hal ini lantaran ada kelebihan jumlah APBD yang diperoleh dari pemerintah pusat.

Sekretaris Daerah Kota Pekanbaru Indra Pomi Nasution menyebut, Pemko Pekanbaru melakukan pergeseran untuk penanganan banjir hingga Pemilu 2024. Ia menilai anggaran tersebut perlu diakomodir.

"Pendapatan kita dari pusat berlebih ya, dari yang kita anggarkan kemarin, jadi memang harus kita akomodir di APBD," ujar Indra, Selasa 20 Februari 2024.

Ia menyampaikan bahwa anggaran tersebut dialokasikan untuk kebutuhan anggaran Pemilu hingga bantuan banjir. Menurutnya, hal itu perlu dilakukan sehingga perlu pergeseran anggaran.


"Seperti untuk pemilu, linmas, kemudian kemarin ada banjir, kan ada bantuan-bantuan banjir, kita bantu," bebernya.

Pergeseran itu, lanjutnya, diambil dari anggaran kegiatan internal Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Anggaran tersebut digeser untuk kebutuhan seperti penanganan banjir dan linmas.

"Artinya, dari anggaran kegiatan internal OPD itu digeser ke penanganan banjir, linmas, tapi untuk total APBD tidak berubah," paparnya.

Sementara itu, Indra memastikan anggaran untuk perbaikan jalan tidak ada pergeseran. Anggaran untuk perbaikan infrastruktur jalan tahun ini tetap seperti sebelumnya.