Sampah Numpuk di Jalan Tulip Pekanbaru, Tak Diangkut?

Sampah-di-Jalan-Tulip.jpg
(LARAS OLIVIA/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Sampah menumpuk di Jalan Tulip, Sukajadi, Kota Pekanbaru, Jumat 29 Desember 2023, karena belum diangkut beberapa hari.

Sampah menumpuk kebanyakan sampah plastik dan sampah rumah tangga. Tumpukan sampah terlihat di beberapa titik di ruas Jalan Tulip.

Plt Kepala DLHK Kota Pekanbaru, Ingot Ahmad Hutasuhut tidak menampik masih ada tumpukan sampah di sejumlah lokasi akibat keterlambatan pengangkutan.

Ia menyebut kondisi ini karena terjadi kendala teknis di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Muara Fajar. "Pembongkaran sampah tidak lancar menyebabkan ritasi pengangkutan sampah terlambat diangkut," ujarnya. 


Ingot mengaku pihaknya sudah mengevaluasi terkait tata kelola pendistribusian sampah dari TPS ke TPA Muara Fajar. Ia juga mendorong pihak ketiga sebagai operator menuntaskan tumpukan yang ada.

Pihaknya juga memohon dukungan masyarakat agar bisa membuang sampah sesuai jadwal yang ada. Ia berharap dukungan masyarakat seiring evaluasi dalam tata kelola sampah.

"Kita juga berharap dukungan masyarakat, agar membuang sampah di lokasi dan jadwal yang ditetapkan," paparnya.

Ingot mengatakan, DLHK Kota Pekanbaru dalam waktu dekat kembali menggelar sosialisasi terkait jam buang dan tempat buang sampah.

Masyarakat nantinya bisa membuang sampah di TPS mulai pukul 19.00 WIB hingga 05.00 WIB.