Siswa SD hingga SMA Harumkan Nama Pekanbaru Lewat Lomba Robotik di Malaysia

Para-Juara-Lomba-Steam-Cup-Malaysia-2023.jpg
(Dok Robotik Sumatera)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Sejumlah siswa SD hingga SMA mengharumkan nama Kota Pekanbaru di ajang internasional lewat lomba robotik di Negeri Jiran, Malaysia.

Ribuan peserta mulai dari usia 6-17 tahun menampilkan kemampuan terbaik sejak 16-17 Desember hingga akhirnya mendapatkan juara pada ajang Steam Cup Malaysia 2023.

Tuan rumah, SMA Kuen Cheng Kuala Lumpur, berhasil menunjukkan reputasinya sebagai puncak luar biasa atas inovasi dan bakat siswa-siswi lewat lomba robotik dari dua negara Malaysia dan Indonesia

"Kami sangat gembira mengumumkan keberhasilan ajang Steam Cup Malaysia 2023. Tingkat inovasi dan dedikasi yang ditunjukkan oleh masing-masing peserta sungguh luar biasa," Chairman Robot Club, Mr Loh Hock Chuan, Jumat, 29 Desember 2023.

"Selamat kepada seluruh pemenang, dan terima kasih khusus kepada Robotclub Sumatera dan orang tua dan para peserta yang telah datang dari Pekanbaru untuk mengikuti acara yang luar biasa ini," ucapnya.

Sudomo mengatakan pihaknya mengirim 29 peserta dan memenangkan beberapa titel juara satu dan placement di empat besar. Ini membuktikan bahwa anak-anak Indonesia, Pekanbaru khususnya, sudah mampu bersaing di level internasional.

"Sampai jumpa di ajang Steam Cup Malaysia ke-14 2024," tutup Sudomo.

Steam  Cup Malaysia merupakan acara tahunan dengan mempertemukan siswa-siswi robotik yang terkonsentrasi di bidang sains, teknologi, teknik, seni, dan matematika (STEAM).

Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Robotclub Malaysia dan diikuti oleh peserta dari seluruh Malaysia dan Indonesia, yang diwakili oleh siswa-siswi Robotclub Sumatera.

Acara ini memberikan wadah bagi para siswa-siswi robotik untuk menunjukkan bakat mereka, bersaing secara sportif, dan menumbuhkan semangat inovasi dan kolaborasi dalam bidang Steam.


Inilah nama-nama Siswa Juara Steam Cup Malaysia 2023.

- Kategori “How To Train Your Dragon” Juara 3 : Azka Zayn Riyel dari SD Islam Al Azhar 54 Pekanbaru

Pemenang “Creative Robot”

- Muhammad Afkar dari SD Islam Al Azhar 54 Pekanbaru

- Satya Wira Wicaksana dari TK Negeri 04 Pekanbaru

- Jia Jin Yuan dari Witama School Pekanbaru

Kategori: Reel Steel (SMART) TIG 4

- 4 Teratas: Habibie Al Syauqi Mustaqim dari SMA Negeri 11 Pekanbaru

Pemenang lainnya:

Kategori: “CARS Ron97”

- 10 Teratas: Asyraf Ramadhan dari SD An Namiroh Pusat

Kategori: Reel Steel TIG 1

&Juara 1 : Saad Abdullah dari SD IT Al Ittihad

- Top 4: Excello Ramadhan Hamde dari SD IT Al Izhar School

Kategori: Reel Steel TIG 2

- Juara 1 : Zafran Alby Shaqil Enggara dari SD IT Bintang Cendekia

Kategori: Reel Steel TIG 3

4 Teratas: Kenzie Hayfa Hara MI Al-Fattaah Praditya Achmad Ramadhan dari SES School