Jalan Riau-Sumbar via Pangkalan Lumpuh Total, Pengendara: Lewat Kiliran Jao Makin Jauh

Longsor-di-Kelok-17.jpg
(ANTARA/BPBD Limapuluh Kota)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Jalan lintas dari arah Riau menuju Sumatera Barat (Sumbar) di Kecamatan Pangkalan, masih lumpuh total akibat longsor di beberapa titik. Pengendara pun diminta untuk melewati jalur alternatif, Kiliran Jao Sijunjung-Kuantan Singingi (Kuansing).

Polres Limapuluh Kota melakukan penutupan jalan sementara dan pengalihan arus lalu lintas untuk pengendara yang hendak ke Riau dan Sumbar.

Namun pengalihan jalan ini dikeluhkan pengendara. Pengendara mengeluh lantaran jarak tempuh yang cukup jauh.

"Biasanya kalau ke Sumbar lewat Pangkalan, butuh waktu 6-8 jam, kini lewat Kiliran Jao butuh waktu 13-15 Jam," ujar pengendara, Wandi, Kamis, 28 Desember 2023.

Pengendara roda empat juga mengeluhkan akses jalan menuju Kiliran Jao sedikit sempit karena ukuran jalan kecil berbeda dengan lintas Sumbar-Riau.

"Jalan juga kecil dan sempit, ditambah macet," keluh Wandi.


Hal sama juga diungkapkan pengendara lain yang mengatakan jarak tempuh dari Sumbar-Riau lewat Kiliran Jao cukup  jauh.

"Lebih jauh kalau lewat Kiliran Jao. Tapi ya bagaimana lagi, akses via Pangkalan ditutup. Semoga longsor cepat selesai dan akses jalan kembali normal," pungkasnya.

Sementara, Polres Limapuluh Kota masih menutup akses jalan dari arah Sumbar menuju Riau atau sebaliknya.

Pasalnya, masih ada beberapa titik longsor serta akan dilakukan perbaikan jalan yang amblas karena hujan deras dalam beberapa hari terakhir.

"Kami dari Polres 50 Kota menginformasikan hasil koordinasi kami Polres 50 Kota bersama Forkopimda. Menyampaikan bahwa Kamis 28 Desember 2023 Ruas Jalan Nasional Sumbar - Riau atau sebaliknya akan dilakukan penutupan," imbau Kapolres 50 Kota, AKBP Ricardo Condrat Yusuf.

"Karena ada beberapa ruas jalan yang masih longsor dan jalan yang amblas akan diperbaiki. Kami menghimbau kepada pengguna jalan untuk mencari jalan alternatif atau Jalur Sijunjung menuju Kiliran Jao," ujarnya.

AKBP Condrat juga menyampaikan kepada pengendara yang terjebak longsor untuk dapat memanfaatkan rest area parkir yang aman, karena situasi cuaca masih hujan.

"Jadi kami menghimbau kepada pengendara untuk mencari Jalur Alternatif. Akses ditutup dari pagi sampai jam 17.00 WIB. Demikian informasi ini disampaikan," tutupnya.