Gubernur Riau Sambut Capres Anies Baswedan di Bandara Jelang Kampanye di Riau

Edy-natar-di-sebelah-anies.jpg
(Tangkapan Layar/Istimewa)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Gubernur Riau, Edy Natar Nasution, tampak menyambut kedatangan Calon Presiden (Capres) 01 Anies Baswedan, saat tiba di Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) II, Kota Pekanbaru, Rabu, 13 Desember 2023.

Kedatangan Capres lulusan Universitas Gajah Mada (UGM) tersebut, dalam rangka kampanye Pilpres 2024. 

Hal ini menjadi pertanyaan, bolehkah Edy Natar Nasution berstatus sebagai kepala daerah menyambut kedatangan satu Capres pada hari kerja? Diketahui, Edy Natar merupakan kader Partai Nasdem Riau.


Berdasarkan Undang-undang Nomor 7 Tahun 2007 tentang Pemilu, pada pasal 281 disebutkan bahwa kepala daerah hingga kepala negara dapat ikut mendukung salah satu Capres atau melakukan kampanye, dengan syarat tidak menggunakan fasilitas dalam jabatannya dan sudah mengambil masa cuti.

Menanggapi hal ini, Ketua Bawaslu Riau, Alnofrizal mengatakan, akan melakukan penyelidikan lebih lanjut terkait penyambutan Gubernur Riau terhadap Capres Anies Baswedan.

Menurutnya, saat ini Bawaslu Riau belum bisa memastikan apakah Edy Natar Nasution menyambut kunjungan Capres tersebut dalam rangka kampanye atau menunjukkan dukungan atau dalam urusan pemerintahan. 

"Kita belum bisa memutuskan apakah ini adalah pelanggaran. Tentu kita harus melakukan komunikasi dulu kepada yang bersangkutan, dalam rangka apa kehadirannya disana," pungkasnya.