Dinkes Pekanbaru Telusuri Penularan Pasien Perdana Covid-19 Pasca Pandemi

Virus-corona8.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Kasus Covid-19 perdana pasca pandemi terdeteksi di Kota Pekanbaru. Satu kasus positif Covid-19 terdeteksi pada 8 Desember 2023 kemarin usai pasien menjalani pemeriksaan di RS Awal Bros Pekanbaru.

 

Tim dari Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru melakukan penelusuran terhadap temuan kasus ini. Mereka belum memastikan dimana pasien itu tertular Covid-19. Pasien sendiri merupakan pasien yang dalam kondisi bergejala.

 

"Kita masih melakukan tracking, dimana pasien ini tertular, kita lakukan penelusuran lebih lanjut," ujar Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru, Zaini Rizaldy, Selasa 12 Desember 2023.

 

Ia menyebut, saat ini pasien perdana yang dinyatakan positif Covid-19 tengah menjalani isolasi mandiri di rumahnya. "Kondisinya baik, sebab yang bersangkutan tidak memiliki penyakit penyerta," paparnya.


 

Pasien ini datang dengan keluhan demam tinggi selama dua hari disertai datuk berdahak. Kemudian dari hasil pemeriksaan antigen ternyata reaktif. Pasien pun menjalani pemeriksaan PCR.

 

Zaini menyebut bahwa saat ini memang belum ada lonjakan kasus Covid-19 di Kota Pekanbaru. Meski begitu, ia tetap mengimbau agar masyarakat waspada penyebaran virus ini.

 

Masyarakat yang bepergian ke luar rumah atau ke tempat keramaian jangan lupa mengenakan masker. Selain itu juga tetap menjalankan protokol kesehatan dengan menjaga jarak antar masyarakat.