Waspada, Satu Kasus Covid-19 Terdeteksi di Kota Pekanbaru

Virus-corona67.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Satu kasus positif Covid-19 terdeteksi di Kota Pekanbaru pada 8 Desember 2023 kemarin. Kasus ini terdeteksi setelah pasien berinisial F (54) menjalani pemeriksaan di RS Awal Bros Pekanbaru.

 

Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru, dr Zaini Rizaldy pun membenarkan hal ini. "Saat ini terdeteksi satu kasus Covid-19 di Kota Pekanbaru," katanya, Selasa 12 Desember 2023.

 

Ia menyebut, pasien ini datang dengan keluhan demam tinggi selama dua hari disertai datuk berdahak. Kemudian dari hasil pemeriksaan antigen ternyata reaktif. Pasien pun menjalani pemeriksaan PCR.

 

Hasilnya ternyata positif Covid-19 sehingga harus menjalani isolasi mandiri di rumahnya. "Kondisi pasien saat ini baik, sehingga isoman di rumah saja," ungkapnya.

 


Zaini menyadari bahwa kasus ini Covid-19 kembali terdeteksi. Ia mengajak masyarakat untuk kembali mengikuti protokol kesehatan dengan mengenakan masker terutama ketika berada di tempat keramaian.

 

Selanjutnya, masyarakat juga harus menjaga jarak dan memakai masker. Bahkan, jika memang ada penyakit komorbid atau penyakit penyerta, masyarakat diminta untuk mengurangi aktivitas yang tidak penting.

 

"Makan makanan gizi seimbang, istirahat yang cukup serta olahraga yang teratur," sarannya.

 

Masyarakat juga diminta untuk melakukan vaksinasi dan memenuhi dosis vaksin hingga booster. Untuk mendapatkan vaksin tersebut, masyarakat bisa melakukannya di Rumah Sakit Daerah (RSD) Madani.

 

Ratusan kasus Covid-19 terdeteksi di Indonesia sejak 28 November hingga 2 Desember 2023. Semula tercatat 30 sampai 40 kasus dalam sepekan, namun kini kasus mingguan mencapai 267 pasien.

 

Kasus Covid-19 kembali meningkat di negara tetangga. Dikhawatirkan, kasus Covid-19 yang menyerang dengan varian baru itu kembali mewabah ke Indonesia, khususnya Kota Pekanbaru.