Sederet Upaya Pemko Pekanbaru Hadapi Lonjakan Harga Pangan Jelang Nataru

Pedagang-cabai-rawit-setan.jpg
(LARAS OLIVIA/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Sejumlah komoditas pangan diprediksi mengalami kenaikan harga jelang natal dan tahun baru (Nataru) 2023. Beras dan cabai menjadi komoditi pangan yang tengah menjadi perhatian lantaran harganya masih tinggi hingga saat ini. 

Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru pun memulai sejumlah langkah antisipasi mencegah terjadinya lonjakan harga bahan pangan.

Penjabat (Pj) Wali Kota Pekanbaru, Muflihun mengaku sudah berkoordinasi dengan Bulog serta mendorong Dinas Perindustrian dan Perdagangan (DPP) Kota Pekanbaru untuk aktif mengawasi gejolak harga bahan pangan di pasaran kota. 

"Untuk pasokan bahan pangan di momen natal dan tahun baru cukup," jelasnya, Minggu 10 Desember 2023.


Dirinya mengatakan bahwa pemerintah kota juga mengantisipasi naiknya angka inflasi. Ia menyadari pada momen musim penghujan daerah penghasil mengalami kendala pasokan.

Daerah penghasil mengalami gagal panen akibat kondisi cuaca ekstrem yang berdampak pada hasil panen komoditi menjadi lebih sedikit dibanding biasanya.

"Mereka akhirnya melepas komoditi bahan pangan ke luar daerah dengan harga yang jauh lebih mahal," kata Muflihun.

Dirinya bersama Forkopimda menggunakan anggaran dari Belanja Tidak Tetap (BTT) untuk memberi subsidi transportasi bahan pangan. Ada juga Gerakan Pangan Murah (GPM) di setiap kelurahan

"Kita tentu ingin harga bahan pangan di Kota Pekanbaru bisa stabil. Kalau bisa pelaku usaha nantinya bisa ikut membantu dengan menggelar pasar murah," pungkasnya.