Revitalisasi Pasar Palapa Pekanbaru Lanjut ke Tahap Dua

Wajah-baru-pasar-palapa.jpg
(ANGGI/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Revitalisasi Pasar Palapa bakal berlanjut ke tahap dua. Pemerintah Kota Pekanbaru saat ini tengah menanti proses hibah dari Kementerian Perdagangan RI.

Usulan revitalisasi tersebut untuk membenahi wajah dari Pasar Palapa agar lebih modern. Para pedagang maupun pengunjung lebih nyaman ketika beraktivitas di pasar itu.

"Usulan kita untuk Pasar Palapa tahap dua bisa diakomodir kembali, mudah-mudahan bisa," ujar Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (DPP) Kota Pekanbaru, Zulhelmi Arifin, Minggu 10 Desember 2023.

Revitalisasi Pasar Palapa, Kota Pekanbaru sudah tuntas pengerjaannya tahap awal. Rangkaian pembangunan pasar modern itu sudah dimulai pada 26 Juli 2023 lalu.

Zulhelmi menyebut bahwa tim dari Kementerian Perdagangan RI mengapresiasi revitalisasi tersebut. Mereka menilai bangunan dan konstruksinya kokoh sehingga DPP Kota Pekanbaru optimis revitalisasi bertahap ke tahap dua.


Pihaknya bakal menyiapkan semua dokumen yang diperlukan seperti surat tanah, dokumen kontrak dan dokumen lainnya. "Kesan yang baik ini diharapkan bisa berlanjut ke tahun depan," paparnya.

Sejalan dengan itu, katanya, proses audit terhadap revitalisasi Pasar Palapa sudah tuntas dilakukan. Tim Kementerian Perdagangan RI memastikan bahwa infrastruktur pasar sudah sesuai dengan kontrak.

Mantan Camat Rumbai ini berharap pasar ini bisa segera digunakan oleh para pedagang. Mereka saat ini masih berjualan di Tempat Penampungan Sementara (TPS) dalam area Pasar Palapa.

Petugas dari dinas pun melakukan pendataan terhadap pedagang di pasar yang berjualan tersebut. Para pedagang yang terdaftar bakal menempati 126 los di sana.

Pasar Palapa sendiri berdiri sejak tahun 2002 silam tapi belum pernah ada perbaikan.  Pemerintah kota mendapat gelontoran anggaran berupa dana tugas pembantuan dari Kementerian Perdagangan sebesar Rp 3 miliar.