MUI Ajukan Nama Sekdaprov SF Hariyanto jadi Calon Pj Gubernur Riau

SF-Hariyanto11.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Majelis Ulama Indonesia (MUI) Riau menyampaikan tiga usulan nama calon Pj Gubernur Riau kepada DPRD Provinsi Riau, Jumat, 1 Desember 2023.

Pada agenda itu, Ketua Umum MUI Riau Ilyas Husti, mengatakan ada tiga pertimbangan yang dilakukan oleh MUI berdasarkan aspirasi masyarakat untuk memilih tiga nama calon Pj Gubernur Riau. 

"Kriteria pertama adalah memenuhi persyaratan administratif. Yakni harus ASN dan harus pejabat Eselon I," ujarnya.

Meski tidak menyebutkan nama yang dimaksud, tiga calon Pj Gubernur Riau yang diusulkan oleh MUI di antaranya Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau, Rektor UIN Suska, dan Rektor Unri.


"Kami rasa tokoh-tokoh ini juga sudah memberikan dampak positif dan inovatif untuk kemajuan Riau, secara sosial dan kultural," jelasnya.

Di samping itu, ia juga menyebut bahwa pihaknya tidak menafikan tokoh-tokoh di luar anak Riau memiliki kemampuan. Akan tetapi, MUI berharap anak Riau memimpin daerah karena dinilai lebih berpengetahuan terhadap geografis dan demokrasi Riau.

"Kalau dari luar, kan nanti dia harus memetakan dulu, harus menelaah dulu," pungkasnya.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Provinsi Riau Agung Nugroho mengatakan saat ini telah ada dua usulan nama-nama calon Pj Gubernur Riau. Sebelumnya, DPRD Riau sudah menerima usulan nama Pj Gubernur Riau dari FKPMR.

"Ini akan menjadi bahan pertimbangan kami dalam rapat mendatang. Kita lihat sudah ada dua usulan yakni dari FKPMR dan MUI," pungkasnya.