Coffee Morning bersama Wartawan, Plt Gubri Edy Natar Paparkan Gagasan Pembangunan Riau

Plt-Gubri6.jpg
(Dok. Pemprov Riau)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Plt Gubernur Riau (Gubri) Edy Natar Nasution mengadakan coffee morning bersama media. Dalam pertemuan itu membahas tetang gagasan Riau membangaun bersama. 

Edy Nasution mengatakan, dalam membangun Provinsi Riau lebih baik ke depannya, tidak bisa hanya dilakukan oleh pemerintah saja, tapi perlu kolaborasi dan kerjasama banyak pihak, tidak terkecuali media. 

 Plt Gubri2(Dok. Pemprov Riau)

Dalam kesempatan itu, Plt Gubri menyampaikan gagasannya untuk membangun Riau lebih baik, diantaranya pangan dan pertanian. Katanya, saat ini Riau masih bergantung dengan provinsi tetangga dalam pemenuhan pangan. 

Plt Gubri7(Dok. Pemprov Riau) 

Padahal menurut Edy Nasution, Riau memiliki potensi yang cukup untuk mengembangkan berbagai komoditas pangan.

 Plt Gubri4(Dok. Pemprov Riau)

"Kalau daerah pemasok itu krisis pangan, maka akan berdampak besar bagi Riau. Maka pertama yang harus dipikirkan, bagaimana menyiapkan ketahanan pangan di Riau," ujarnya. 

Plt Gubri(Dok. Pemprov Riau)


Jika ingin memajukan Riau, lanjutnya, hal pertama yang harus diperhatikan yakni memastikan seluruh masyarakat Riau terpenuhi pangannya. 

Plt Gubri3(Dok. Pemprov Riau)

"Karena jika pangan atau perut sudah terisi, barulah bisa kita ajak untuk produktif," imbuhnya. 

Plt Gubri5(Dok. Pemprov Riau)

Lalu, gagasan berikutnya yakni layanan kesehatan terpenuhi. Ini dibuktikan dengan memberikan akses kemudahan dalam memperoleh layanan kesehatan bagi masyarakat Riau melalui kerjasama dengan pemerintah kota/kabupaten agar terwujud masyarakat yang sehat. 

Plt Gubri11(Dok. Pemprov Riau)

Selanjutnya, rumah layak huni bagi masyarakat tidak mampu. Selain itu, masyarakat juga perlu diberikan pendidikan dan pelatihan, agar terciptanya masyarakat yang produktif dan berdaya saing. 

Plt Gubri8(Dok. Pemprov Riau)

"Setelah masyarakat kenyang, badannya sehat, dan pikirannya tenang, maka baru bisa diajak untuk produktif melalui pendidikan atau pelatihan. Kalau ini dilakukan dengan baik, maka Riau bisa menyiapkan masyarakat yang siap bersaing," jelas Edy Nasution. 

 Plt Gubri9(Dok. Pemprov Riau)

Gagasan berikutnya, menyediakan lapangan pekerjaan dan ekonomi kerakyatan, infrastruktur untuk kemajuan ekonomi, serta kehidupan masyarakat melayu yang agamis. 

 Plt Gubri10(Dok. Pemprov Riau)

Plt. Gubri berharap gagasan pembangunan Riau tersebut dapat terealisasi dan dilakukan dengan kolaborasi bersama banyak pihak, sehingga kemajuan untuk Riau dan kesejahteraan masyarakat bisa betul-betul terwujud. 

Untuk itu, ia meminta kepada setiap OPD dan seluruh kepala daerah untuk membuat penganggaran yang berorientasi kepada kesejahteraan masyarakat. 

"Saya mengingatkan kepada OPD di lingkungan Pemprov Riau dan pimpinan daerah se Provinsi Riau agar mengalokasikan dana yang berorientasi kepada gagasan pembangunan Riau atau masyarakat," tutup Edy Nasution.(Galeri Foto Pemprov Riau)