Indeks Pembangunan Manusia Kuansing Peringkat 7, Lebih Tinggi dari Kabupaten Induk

Ilustrasi-IPM.jpg
(Istimewa)

RIAU ONLINE, TELUK KUANTAN - Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Kuansing ternyata lebih tinggi dari IPM Kabupaten Induk Indragiri Hulu (Inhu).

IPM Kuansing ternyata sudah tinggi berada di peringkat 7. Sementara Kabupaten Inhu berada di peringkat 8. Ini berbeda dengan yang disampaikan Pemprov Riau saat hadir pada HUT Kuansing lalu yang menyebut IPM Kuansing berada di peringkat 10.

Bupati Kuansing Suhardiman Amby dalam pidatonya saat HUT Kuansing lalu mengatakan bahwa IPM Kuansing tahun 2022 mencapai 71,09 atau meningkat dibanding tahun 2021 lalu 70,60.



"Kondisi IPM Kuansing masih berada pada kategori tinggi dan berada pada urutan ke tujuh dari 12 kabupaten/kota di Riau," kata Bupati Suhardiman belum lama ini.

Disampaikan Bupati bahwa IPM Kuansing dipengaruhi oleh angka harapan lama sekolah, rata-rata lama sekolah, angka harapan hidup dan pengeluaran per kapita.

"Artinya IPM ini sangat dipengaruhi oleh kinerja sektor pendidikan, kesehatan dan ekonomi masyarakat yang saat ini menjadi fokus pembangunan pemerintah daerah," katanya.