KPK Tinjau Fly Over SKA Pekanbaru, Ada Apa?

Tim-KPK-di-fly-over-ska.jpg
(Istimewa)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Tim dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) turun langsung ke Kota Pekanbaru melakukan peninjauan fly over SKA Jalan Soekarno-Hatta, Selasa, 24 Oktober 2023. Kedatangan mereka merupakan bagian dari kegiatan pemeriksaan lapangan. 

Pantauan RIAU ONLINE, tim dari lembaga antirasuah itu mendirikan tenda bertuliskan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Tim KPK bersama sejumlah orang lainnya yang diyakini ahli fisik bangunan juga tampak berada di fly over yang dibangun pada 2018 itu.

Dalam pantauan, tampak tim KPK membawa sejumlah alat untuk memeriksa jembatan fly over tersebut. Di sana, mereka melakukan pengeboran aspal jalan dan beton jembatan tersebut. Terlihat juga di sana, pengambilan sampel.

Satu dari anggota tim KPK enggan memberikan keterangan terkait kegiatan lapangan di fly over tersebut.


"Maaf, tanya saja ke yang lain," jawabnya.

Sementara, Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri belum membalas pesan WhatsApp dari RIAU ONLINE hingga berita ini diterbitkan.

Sebelumnya, beberapa pejabat di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau pernah dipanggil KPK terkait proyek fly over tersebut. Pemeriksaan itu dilakukan di Jakarta pada Kamis, 9 Maret 2023 lalu.

Beberapa pejabat yang dipanggil untuk dimintai keterangan di antaranya Kepala Biro Pengadaan Barang dan Jasa (PBJ) Setdaprov Riau Rahmad Rahmadiyanto. Kemudian Kepala UPT Jalan dan Jembatan Wilayah IV, Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Perumahan Kawasan Permukiman Pertanahan (PUPR-PKPP) Riau Yunannaris. 

Selain itu, KPK juga melakukan pemeriksaan terhadap sejumlah PNS di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau dan ada puluhan orang yang diperiksa KPK. Termasuk diantaranya mantan pejabat di lingkungan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Pemprov Riau dan juga pihak kontraktor.

Tak hanya di Jakarta, pemeriksaan yang dilakukan KPK juga pernah di kantor Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan Provinsi Riau yang ada di Jalan Sudirman, Pekanbaru.