Gedung MPP Pekanbaru Dibongkar, Begini Harapan Warga

Proses-pembongkaran-gedung-mpp.jpg
(ANGGI/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Proses pembongkaran gedung utama Mal Pelayanan Publik (MPP) Kota Pekanbaru akhirnya bergulir, Senin 25 September 2023. Para pekerja mulai bertahap membongkar puing-puing gedung bekas kebakaran pada Maret 2023 lalu. 

Sejumlah titik di sekitar gedung ditutup seng untuk menghindari para pengunjung melintasi gedung utama. Apalagi pelayanan di sisi kanan dan sisi kiri MPP tetap berlangsung.

Emak, pedagang buah yang berjualan di sekitar gedung MPP Pekanbaru mengatakan akibat terbakarnya gedung ini, kondisi di sekitar gedung menjadi tidak kondusif. 

Dirinya mengungkapkan bahwa setidaknya sudah ada pergerakan, kini gedung telah mulai tahap pembongkaran. Emak berharap pembangunan gedung MPP Pekanbaru segera selesai agar masyarakat nyaman menyelesaikan berbagai kepentingannya di gedung utama tersebut. 

"Setidaknya kan sekarang sudah dibongkar, sudah ada kejelasan bagaimana gedung itu. Semoga gedung itu cepat selesai dan masyarakat bisa dengan mudah mengurusi urusannya," harapnya.


Proses pembongkaran akhirnya dilakukan setelah ada pihak ketiga yang menyanggupi untuk membongkar gedung tersebut. Proses lelang dilakukan Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Pekanbaru.

"Jadi MPP itu sudah melalui proses penghapusan aset, kemudian izin untuk melakukan pembongkaran puing," ujar Sekretaris Daerah Kota Pekanbaru, Indra Pomi Nasution.

Dirinya belum memastikan rencana pembangunan kembali di lokasi bekas gedung utama MPP yang terbakar. Saat ini mereka fokus membersihkan puing dan rongsokan sisa-sisa kebakaran.

"Sehingga nanti setelah dibongkar, akan kita coba desain landscape di sekitar perkantoran MPP," ujarnya.

Artikel ini ditulis Anggi, peserta program Magang Bersertifikat Kampus Merdeka di RIAU ONLINE