6 Bulan Terbengkalai Pasca Terbakar, Gedung MPP Pekanbaru Dibongkar

Gedung-MPP-Pekanbaru-dibongkar.jpg
(LARAS OLIVIA/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Gedung utama Mal Pelayanan Publik (MPP) Pekanbaru pasca dilanda kebakaran akhirnya dibongkar, Senin 25 September 2023. Bangunan tiga lantai itu dibongkar setelah hampir setengah tahun terbengkalai.

Sejumlah akses di area gedung utama MPP sudah ditutup. Para pekerja pun mulai membongkar bagian demi bagian dari gedung utama tahap awal secara manual.

Proses pembongkaran akhirnya dilakukan setelah ada pihak ketiga yang menyanggupi untuk membongkar gedung tersebut. Proses lelang dilakukan Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Pekanbaru.

"Jadi MPP itu sudah melalui proses penghapusan aset, kemudian izin untuk melakukan pembongkaran puing," ujar Sekretaris Daerah Kota Pekanbaru, Indra Pomi Nasution.

Dirinya belum memastikan rencana pembangunan kembali di lokasi bekas gedung utama MPP yang terbakar. Saat ini mereka fokus membersihkan puing dan rongsokan sisa-sisa kebakaran.


"Sehingga nanti setelah dibongkar, akan kita coba desain landscape di sekitar perkantoran MPP," ujarnya.

Indra menyebut, sebelumnya desain landscape tersebut akan dibahas bersama dalam diskusi publik. Pihaknya bakal menghadirkan semua elemen masyarakat dalam diskusi publik tersebut.

Pembongkaran gedung utama sudah mendapat lampu hijau dari Pj Wali Kota Pekanbaru. Dirinya menyebut bahwa Pj Wali Kota Pekanbaru sudah mendorong agar proses pembongkaran gedung MPP segera dilakukan. 

"Kita harapkan nantinya aktivitas di MPP Pekanbaru bisa lebih nyaman setelah pembongkaran gedung utama ini," tutupnya.