Gubernur Syamsuar Raih Penghargaan Tokoh Inspiratif dalam KPID Riau Award 2023

Gubernur-syamsuar-terima-penghargaan.jpg
(LARAS OLIVIA/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Malam puncak KPID Riau Award sukses digelar, Minggu 20 Agustus 2023. Kegiatan berlangsung di Balai Serindit Gedung Daerah Riau ini mengangkat tema "Penyiaran Sehat Bermartabat untuk Riau Bersatu."

Ketua KPID Riau, Falzan Surahman dalam sambutannya menyampaikan, ada sejumlah penghargaan diberikan kepada penyiaran televisi dan radio dalam berbagai kategori.

"Ada kategori berita, talkshow, hiburan, budaya Melayu, siaran dakwah dan siaran ramah anak. Kegiatan KPID Riau Award ini bertujuan memberikan penghargaan, apresiasi penyiaran yang positif, kreatif, dan konstruktif kepada penyelenggara lembaga penyiaran radio dan televisi," ujarnya.

Ia menuturkan, rangkaian penilaian dilakukan oleh dewan juri dari berbagai kalangan mulai dari akademi, praktisi penyiaran, budayawan, pemerintah dan ulama yang telah kompeten di bidangnya.

"Semoga lembaga penyiaran di Riau tetap mampu menyajikan konten siaran yang berkualitas, edukatif, memperkaya khazanah konten lokal Riau, serta memperkukuh integrasi nasional," harapnya.

Tidak hanya penghargaan bagi lembaga penyiaran, ada juga penghargaan khusus bagi para tokoh. Seperti penghargaan khusus tokoh peduli penyiaran, tokoh inspiratif penyiaran dan penghargaan khusus lifetime achievement.



Gubernur Riau, Syamsuar, meraih penghargaan tokoh inspiratif penyiaran. Penghargaan itu diserahkan langsung oleh Ketua KPID Riau, Falzan Surahman, kepada Gubernur Syamsuar.

Syamsuar dalam sambutannya mengatakan sebagaimana dalam amanat Undang-undang Nomor 32 tahun 2002 Tentang Penyiaran bahwa Komisi Penyiaran Indonesia adalah lembaga negara yang bersifat independen.

"Lembaga ini ada di pusat dan di daerah sebagai wujud peran serta masyarakat di dalam penayangan penyiaran yang berfungsi untuk mewadahi aspirasi serta mewakili kepentingan masyarakat akan penyiaran," paparnya.

Ia menilai, Anugerah Penyiaran atau KPID Riau Award 2023 yang mengangkat tema penyiaran sehat, bermartabat untuk Riau bersatu merupakan wujud kepedulian terhadap lembaga penyiaran dan hal itu sejalan dengan HUT ke-66 Provinsi Riau tahun 2023 dan juga HUT ke-78 Kemerdekaan RI tahun 2023.

"Harapan saya selaku Gubernur Riau mewakili Pemerintah Provinsi Riau agar siaran-siaran lembaga penyiaran yang ada di Provinsi Riau benar-benar sehat dan bermartabat demi menjaga marwah negeri Melayu Provinsi Riau yang sama-sama dicintai ini," harapnya.

Adapun peraih penghargaan lainnya yakni, Trans TV Riau sebagai lembaga penyiaran swasta terbaik, Bupati Rokan Hilir sebagai pemerintah daerah peduli penyiaran. Panorama Riau ANTV kategori budaya Melayu televisi terbaik.

Budaya Melayu Radio terbaik, obrolan budaya bolu berempak RRI Bengkalis. Lifetime Achievement, diraih Radio Patra. Tokoh peduli penyiaran, diraih 3 tokoh yakni Yulisman, Eddy M Yatim, Ade Agus Hartanto.

Karya televisi kategori berita, diraih oleh Kanal Sumatra, TV One Pekanbaru. Kategori Berita Radio Terbaik, Buletin Sore Bharabas FM. Talkshow televisi terbaik, diraih oleh (Jaksa menjawab) Riau TV.

Talk Show Radio terbaik, diraih oleh El John FM. Hiburan televisi terbaik, diraih oleh Riau Televisi (emang joss). Hiburan radio terbaik, Aditya FM (Harmoni Pagi). Siaran dakwah televisi terbaik, Kajian Muslimah Siak Televisi. Siaran dakwah Radio terbaik, Religi Nite, RRI Pekanbaru.