Gubernur Riau Beri Tempat Terhormat untuk Mantan Napi Teroris

Eks-napiter-berfoto-dengan-kapolda-dan-gubri.jpg
(SOFIAH/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Gubernur Riau, Syamsuar, memberi tempat terhormat untuk 16 mantan napi terorisme yang menghadiri undangan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau dalam peringatan HUT ke-78 RI, di halaman Kantor Gubernur Riau, Jalan Jenderal Sudirman, Kota Pekanbaru, Kamis, 17 Agustus 2023.

Ke-16 mantan napi terorisme tersebut dibimbing dan dibina oleh Densus 88 Anti Teror Polri Satgas Wil Riau yang telah menghabiskan masa hukuman dan dinyatakan bersih dari paham radikalisme. 

Kepala Satuan Tugas Wilayah (Kasatgaswil) Riau Densus 88 Anti Teror Kombes Pol Tejo Dwi Saptono menyebut pihaknya mengucap terima kasih kepada Pemprov Riau, Polda Riau, dan Kementerian Dalam Negeri yang telah mengundang mantan napi terorisme tersebut.

"Maksudnya agar mereka merenung kembali bagaimana Indonesia merdeka sebagai pahlawan. Kemudian mereka juga bisa mendekatkan diri pada masyarakat. Sehingga, saat mereka kembali ke masyarakat tidak canggung," ucapnya.


Tejo mengatakan para eks napiter ini hanya menghadiri peringatan HUT ke-78 RI di Pekanbaru karena jumlahnya sedikit jika disebar ke daerah.

"Asalnya ada yang dari Dumai, Kampar, dan Pekanbaru," katanya.

Tejo merincikan eks napiter yang ada di Riau sejumlah 33 orang, sedangkan napiter sejumlah 55 orang. Para eks napiter menurutnya telah dihubungi, namun yang menyanggupi hanya 16 orang karena yang lainnya berada di luar kota.