Tahukah Kamu? Indonesia Satu-satunya Negara Merdeka Berkat Perjuangan Sendiri

Pengibaran-bendera-di-RRI-Pekanbaru.jpg
(LARAS OLIVIA/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE - Indonesia menjadi satu-satunya negara yang meraih kemerdekaan melalui perjuangan yang gigih dan mandiri, bukan hadiah dari penjajah.

Hal ini disampaikan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam), Mahfud MD, dalam obrolannya dengan Vj Daniel Mananta melalui siaran langsung di platform Instagram, sebagaimana dilansir dari jaringan RIAU ONLINE, Batamnews, Kamis, 17 Agustus 2023.

Dalam obrolan dan penuh wawasan itu, Menteri Mahfud M memaparkan pandangannya tentang pentingnya perjuangan dalam meraih kemerdekaan.

"Kita punya modal bagus, karena Indonesia satu-satunya negara yang membangun kemerdekaan karena mengusir penjajah," tegasnya.

Mahfud MD mengatakan Indonesia berbeda dengan negara-negara lain yang memperoleh kemerdekaan, bukan karena perjuangan internal, tetapi lebih sebagai hasil hadiah dari negara penjajah.


Ia menyebut sejumlah negara seperti Australia dan Malaysia yang memperoleh kemerdekaan Inggris.

Menteri Mahfud MD juga menjelaskan momen penting dalam sejarah proklamasi kemerdekaan Indonesia.

Sebenarnya, ungkap Mahfud MD, Indonesia awalnya akan diberikan proklamasi kemerdekaan oleh Kekaisaran Jepang. Saat Soekarno berada di Saigon, Jepang berencana memberikan tongkat kemerdekaan kepada Indonesia pada 22 Agustus 1945 di Tokyo.

Situasi kemudian berubah drastis ketika Soekarno kembali ke Indonesia. Barisan pemuda yang gigih mendesak Soekarno untuk memproklamasikan kemerdekaan sebelum waktu yang ditetapkan Jepang. Bahkan, perjuangan tersebut mencapai puncaknya kala Soekarno diculik dan dibawa ke Rengasdeklok oleh para pemuda yang mendambakan kemerdekaan segera diumumkan.

"Soekarno dihadang oleh anak-anak muda yang percaya bahwa kemerdekaan harus diraih sendiri, tidak boleh lagi tergantung pada Jepang. Inilah yang mendorong terjadinya proklamasi kemerdekaan pada 17 Agustus," jelas Mahfud MD.

Pernyataan Menteri Mahfud MD ini menggarisbawahi pentingnya semangat perjuangan dan kemandirian dalam meraih kemerdekaan.

Diskusi yang menggugah ini juga merangsang refleksi tentang sejarah Indonesia yang sarat dengan pengorbanan untuk meraih hak merdeka.