Upacara HUT Ke-78 RI di Riau Hadirkan Formasi Selembayung dan 78

Upcara-HUT-RI-di-Pemprov-Riau.jpg
(SOFIAH/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau bersama Forkopimda memperingati HUT ke-78 Kemerdekaan RI di halaman Kantor Gubernur Riau, Jalan Jenderal Sudirman, Pekanbaru, Kamis, 17 Agustus 2023. 

Menariknya, upacara HUT RI yang mengusung tema "Terus Maju Untuk Indonesia Maju" ini menggunakan formasi Selembayung dan 78.

Adapun tema kemerdekaan tahun 2023 "Terus Maju Untuk Indonesia Maju".

Gubernur Riau, Syamsuar, bertindak langsung sebagai inspektur upacara kemerdekaan Indonesia. Pembacaan teks proklamasi dibacakan oleh Ketua DPRD Riau Yulisman.


Kemerdekaan RI ke-78 ini dihadiri seluruh OPD di lingkungan Pemprov Riau, Forkopimda, perwakilan siswa SMA/SMK sederajat, bahkan ada eks napiter. Para eks napiter yang berjumlah 16 orang ini duduk secara terpisah di tenda bagian kiri dari tenda utama Forkopimda.

Upacara berjalan dengan hikmat dan sang saka naik dengan sempurna. Upacara selesai sekira pukul 10.30 WIB. Adapun lagu wajib yang dibawakan 17 Agustus, Mengheningkan Cipta, serta lagu daerah Lancang Kuning.

Gubernur Riau Syamsuar dalam jumpa pers menyebut agar plethora suasana kebangsaan yang diharapkan sebagai satu kesatuan dan sekaligus menjaga kebersamaan yang mana ini sebagai salah satu budaya Indonesia.

"Kita harus menyesuaikan budaya Indonesia yang satu dengan yang lainnya. Mudah-mudahan dengan merayakan kemerdekaan Indonesia semakin maju dan jaya," pintanya.