Mahasiswa KKN Tewas Kecelakaan di Kuansing, UIN Suska Jamin Asuransi Jiwa

Mahasiswa-korban-laka-lantas1.jpg
(Istimewa)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Dua mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) dari Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Syarif Kasim (Suska) Riau mengalami kecelakaan di Jalan Lintas Pantai Pucuk Rantau, Desa Pantai, Kuantan Singingi, pada Minggu 13 Agustus 2023 lalu.

Akibatnya, seorang pengendara motor MAR (21) menghembuskan nafas terakhir di Puskesmas Lubuk Ramo, Kecamatan Kuantan Mudik. Sedangkan rekannya, Ilmi Hadisyah Jama sempat mengalami kritis hingga dilarikan ke rumah sakit

"Dua-duanya mahasiswa KKN kita. Untuk (MAR) sudah dilaksanakan proses pemakamannya habis zuhur tadi dan alhamdulillah berjalan lancar. Sementara Ilmi sempat kritis dan kemarin malam dilarikan ke Pekanbaru di rumah sakit RSUD Arifin Ahmad. Alhamdulillah sudah sadar," ujar Ketua Lembaga Penelitian Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM), Leni Novianti, saat dihubungi RIAUONLINE.CO.ID, Senin 14 Agustus 2023.

Leni Novianti menjelaskan pihak kampus memiliki perlindungan jaminan atau asuransi bagi Mahasiswa KKN, Magang atau PPL UIN Suska Riau.

"Alhamdulillah adanya proses asuransi. Kami memang mewajibkan asuransi bagi mahasiswa yang KKN. Jadi tadi pagi pihak asuransi juga sudah datang ke rumah duka, kebetulan saya ada di sana. Insya Allah segera diklami asuransainya," tegasnya. 


Leni mengimbau bagi mahasiswa KKN untuk lebih berhati-hati. Apalagi untuk yang ingin pulang kampung atau keluar dari lokasi KKN agar izin terlebih dahulu ke Koordinator Desa (Kordes), Koordinator Camat (Korcam), dan meminta izin ke dosen pembimbing.

"Jadi kita sebelumnya sudah mewanti-wanti sejak mulai dari pembekalan. Dosen pembimbing lapangan juga selalu memantau dan mengingatkan jangan pergi ke luar lokasi tanpa seizin kordes, dosen pembimbing dan kepala desa. Kami juga sebenarnya mengimbau jangan pakai motor. Tapi terkadang kita tidak bisa mengetahui secara keseluruhan bagaimana kondisi di lapangan. Cuma yang namanya musibah kita tidak bisa memprediksi. Intinya tetap berhati-hati," pungkasnya.

MAR tewas dalam kecelakaan lalu lintas terjadi di jalan provinsi, Desa Pantai, Kecamatan Kuantan Mudik antara sepeda motor KLX dengan satu unit truk pada Minggu, 13 Agustus 2023 sekitar pukul 14.30 WIB.

Sepeda motor KLX yang dikendarai korban berboncengan dengan Ilmi Hadisyah Jama diduga melebar ke kanan jalan dan menabrak mobil truk.

Keduanya merupakan mahasiswa Teknik Elektro yang sedang melaksanakan KKN di Desa Lebuh Lurus, Kecamatan Inuman.