Dipamerkan di Gernas BBI BBWI, Permainan Wire Game Ini Bikin Pikiran Fokus Lagi

Wire-Games.jpg
(SOFIAH/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Lelah dan jenuh bisa menyerang siapa saja. Efeknya bisa menyebabkan seseorang tidak fokus dalam bekerja dan atau mengerjakan suatu hal. Kondisi tidak bisa dibiarkan begitu saja karena dapat menyebabkan seseorang mengalami cemas, stres, bahkan burnout syndrome.

Menurut laman Kementerian Kesehatan, gejala burnout syndrome di antaranya kelelahan dan menghindari pekerjaan, seseorang akan merasa lelah dan merasa stres dengan pekerjaannya, sehingga cenderung akan menghindari kegiatan yang berhubungan dengan pekerjaanya dan merasa lelah secara emosional serta tidak bersemangat dalam pekerjaannya.

Kelelahan ini akhirnya berimbas pada fisik yang selanjutnya membuat performa kerja seseorang menurun karena sulit dalam berkonsentrasi. Kemudian, mudah marah dan menarik diri serta mudah terserang sakit.

Pada Gerakan Nasional (Gernas) Bangga Buatan Indonesia dan Bangga Berwisata di Indonesia (BBI BBWI) yang telah berlangsung pada Jumat, 28 Juli 2023 sampai Minggu, 30 Juli 2023 lalu, salah satu stan kerajinan tangan.

Stan milik Heru Ramadhan owner dari Barber Wood Craft itu memamerkan sebuah kerajinan tangan berupa permainan yang bisa membuat seseorang fokus kembali.

"Nama permainannya wire game. Siapa pun bisa mencobanya gratis," ucapnya.



Pengunjung dapat mencoba permainan wire game ini. Pada meja tempat pameran itu ditulis "try me" dimana pengunjung diminta mencoba permainan wire game.

Cara mainnya, pemegang yang terbuat dari kayu dan kawat tidak boleh menyentuh kawat-kawat yang telah dirangkai pada permainan itu. Jika antar kawat menyentuh atau bergesekan, maka akan berbunyi dan gagal.

"Bahan dasarnya ada kayu, kawat, dan alarm pintu yang telah dimodifikasi. Jadi memanfaatkan limbah agar tetap berguna. Permainannya memang dirancang agar seseorang lepas dari jenuh dan bisa fokus kembali," katanya.

Harga dari wire game ini, Heru banderol Rp 150 ribu. Usahanya berada di Jalan Limbungan, Rumbai. Ia telah melangsungkan usaha kerajinan tangan sejak 2016 yang dimulai dengan tulisan nomor rumah hingga akhirnya mengembangkan usaha. Bahkan, usaha miliknya sampai ke seni lukis bakar yang telah dipasarkan sampai Malaysia.

Sementara menurut Psikolog lulusan UGM Analisa Widyaningrum dalam kanal YouTube Analisa Channel membahas "Pada Saat Cemas, Reaksi Seperti Apa yang Memengaruhi Imun". Katanya, kecemasan tidak langsung membuat imun tubuh lemas tapi reaksinya terhadap cemas yang berlebih akan melemahkan fungsi imun.

"Ketika sedang cemas hormon kortisol akan muncul dan sistem tubuh yang bergerak dan kerasa adalah jantung. Hormon yang muncul tidak memproduksi dopamin yang akan melemahkan sistem imun tubuh," ucapnya.

Kortisol muncul saat sedang stress sampai akhirnya sistem tubuh dari waktu ke waktu menurun. Hal yang bisa dilakukan, menurutnya saring informasi dengan baik, ambil nafas panjang, tidur yang cukup, mencari hobi baru, membuat plan aktivitas karena emosi yang hadir itu valid, olahraga teratur, dan terakhir makan asupan yang bergizi.