Pejabat Pemko Pekanbaru Boyong Istri Rakernas Apeksi ke Makassar

Kantor-pemko-tenayan.jpg
(Dok. Pekanbaru.go.id)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Sejumlah pejabat di lingkungan Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru pergi ke Makassar sejak Senin 10 Juli 2023. Adanya agenda keluar kota ini pun membuat jadwal kegiatan tampak kosong tidak seperti biasanya.

Para pejabat Pemko Pekanbaru menghadiri acara Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) 2023. Agenda dijadwalkan berada di Makassar hingga Jumat, 14 Juli 2023.

Seperti kegiatan-kegiatan Apeksi sebelumnya, sejumlah pejabat juga tampak ada yang membawa istri untuk mengikuti agenda nasional tersebut.

Asisten I Sekretariat Daerah Kota Pekanbaru, Masykur Tarmizi mengatakan, kegiatan ini adalah agenda tahunan pemerintah kota seluruh Indonesia. Rakernas Apeksi ini adalah kegiatan resmi yang merupakan agenda kedinasan.

"Agenda kedinasan. Kegiatan ini dibuka oleh Menteri dalam Negeri yang diwakilkan oleh Sekjen serta dihadiri oleh pejabat negara lainnya, kemudian Menteri Pertahanan," ujar Masykur.

Lanjutnya, ada banyak rangkaian kegiatan dalam rapat Apeksi. Ada kegiatan kepemudaan, kegiatan kebudayaan serta kegiatan Raker sendiri yang membahas isu tentang bagaimana membangun kota yang kuat melalui investasi.


"Ada juga pembahasan isu nasional seperti investasi, inflasi, stunting. Selain itu ada juga kegiatan ekspo. Tentu dengan banyaknya rangkaian kegiatan serta agenda, kita membawa OPD teknisnya. Untuk OPD juga bukan selama 5 hari di sini terus, tapi bergantian," jelasnya.

Melalui rapat Apeksi, katanya, pemerintah menjalin kolaborasi kerjasama serta pembahasan rekomendasi. 

"Setiap Raker ada pembahasan merumuskan rekomendasi apa saran masukan kita kepada pemerintah dalam mengawal otonomi daerah, dalam mempersiapkan masa transisi pergantian kepala daerah," paparnya.

Terkait istri pejabat ikut serta dalam kegiatan Apeksi, Masykur menyebut bahwa ada Ladies Program. 

"Ada yang namanya ladies program, ada pembahasannya juga," jelasnya.

Sebelumnya pada Juni lalu, pejabat Pemko Pekanbaru juga menghadiri agenda syukuran HUT ke-23 APEKSI di Palembang. Para istri pun tak urung ikut serta dalam kegiatan yang berlangsung tanggal 6 sampai 9 Juni 2023.

Rangkaian kegiatan yang diikuti di antaranya, ada dialog kebijakan nasional membahas penguatan pengelolaan persampahan kota yang berkelanjutan.

Kemudian ada juga seminar nasional membahas investasi, ladies program, job fair & talk show, forum kepala Bappeda, malam syukuran HUT Apeksi ke-23, youth camp, kegiatan olahraga dan bersih-bersih.